Abstract:
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan
pelengkap yang dimana perlengkapannya diperuntukkan bagi lalu lintas. Namun di berbagai jalan Indonesia
khususnya di Kawasan Industri Blessindo masih terlihat berbagai kerusakan jalan. Hal ini menjadi penting
dikarenakan kerusakan jalan akan memberikan dampak secara langsung bagi pengguna jalan, baik dari segi
ekonomi, waktu tempuh dan keselamatan..
Analisa terkait kerusakan jalan pada Kawasan Industri Blessindo Legok Tangerang dilakukan
berdasarkan Penilaian Tingkat Kerusakan metode Bina Marga. Metode ini meninjau volume lalu lintas serta
jenis kerusakan yang terjadi pada perkerasan jalan. Perhitungan dilakukan berdasarkan data yang didapatkan
pada survei lapangan yaitu arus lalu lintas, kondisi dan kondisi perkerasan jalan. Oleh karena itu, Penelitian
ini bertujuan untuk melakukan identifikasi tingkat kerusakan jalan yang terjadi pada perkerasan jalan beton
Kawasan Industri Blessindo.
Hasil penelitian menunjukkan jenis kerusakan dan penyebab kerusakan yang ditemukan pada jalan Raya
Cirarab Kawasan Industri Blessindo Legok Tangerang. Adapun jenis kerusakan yang terjadi adalah perkerasan
beton mengalami retak memanjang, retak buaya, gompal, pengelepasan butiran pada permukaan perkerasan,
dan terdapat tambalan. Hasil perhitungan STA0-2400 ruas jalan Raya Cirarab Kawasan Industri Blessindo
Legok Tangerang berdasarkan metode Bina Marga didapat bahwa total angka kerusakan yaitu 21, maka untuk
penilaian kondisi jalan sebesar 3. Dengan demikian nilai skala prioritas penanganan jalan yaitu urutan prioritas
7-10 yang berada pada urutan prioritas program pemeliharaan priodik/berkala. Penyebab kerusakan perkerasan
terjadi adalah kurangnya pemeliharaan rutin dan berkala oleh pihak manejemen ataupun pengelola pada jalan
tersebut.Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini dapat menilai tingkat kerusakan yang terjadi pada jalan
Raya Cirarab Kawasan Industri Blessindo. Dan harus dilakukannya perbaikan perkerasan jalan di beberapa
segmen penelitian.