Abstract:
Pada kegiatan industri sekarang ini tidak lepas dari penyambungan antar logam
yang biasa disebut pengelasan. Penggunaan las pada kontruksi plat baja ASTM
A36 banyak dijumpai pada bangunan kapal, seperti body kapal. Jenis las yang
dapat digunakan pada kontruksi ini dapat menggunakan jenis las Shielded Metal
Arc Welding (SMAW). Dalam penelitian ini, plat baja ASTM A36 digunakan
melewati proses pengujian liquid penetrant dengan variasi parameter yang
berbeda yaitu 70A, 100A, dan 130A. Pada pengujian liquid penetrant
menunjukkan bahwa parameter 70A perlu penelitian lebih lanjut karena banyak
kerusakan atau kecacatan pada material. Dibandingkan dengan parameter 100A
dan 130A yang parameternya lebih cocok untuk mengatasi material plat baja
ASTM A36 dengan ketebalan 6x50x60 mm. Pada pengamatan mikrostruktur pada
bagian Heat-Affected Zone (HAZ) dan weld metal menunjukkan bahwa parameter
130A mengurangi nilai kekerasan dan butiran ferrit menyebar, membesar, dan
berkumpul pada titik tertentu. Pada pengujian kekerasan parameter 130A bagian
Heat-Affected Zone (HAZ) menunjukkan bahwa menyebabkan perubahan
penurunan nilai kekerasan dibandingkan dengan parameter 70A dan 100A yang
nilai kekerasannya lebih meningkat, yang menghasilkan nilai kekerasan pada
bagian Heat-Affected Zone (HAZ) pada parameter 130A yaitu 131 VHN yang
masih belum memenuhi kekerasan yang diinginkan yaitu 2452 VHN dan
spesimen bersifat sedikit lunak. Pada hasil uji kekerasan pada Heat-Affected Zone
(HAZ) dan weld metal dengan variasi parameter 70A, 100A, dan 130A dengan
ukuran plat baja ASTM A36 yaitu 6x50x60 mm untuk nilai kekerasannya belum
memenuhi yaitu sebesar 2452 VHN untuk kekerasan aplikasi body kapal.
Kata Kunci : Pengelasan SMAW, Heat-Affected Zone (HAZ), weld metal, plat
baja ASTM A36, liquid penetrant, kekerasan, metalografi mikro, body kapal