Abstract:
Dalam pembuatan game, salah satu aspek penting adalah adanya Artificial
Intelligence (AI). Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasi behavior untuk
AI musuh dalam game Let’s Mining menggunakan agent. AI dikembangkan
menggunakan software Unity Game Engine versi 2019.4.40f1 dan Visual Studio 2019.
Metode yang digunakan adalah: analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian.
Behavior yang diimplementasi adalah fungsi-fungsi seperti menghampiri target, menjauh
dari target, menghadap ke arah target, menembak target, dan menghindari halangan
seperti tembok. Dalam pengujian, objek yang dijadikan agent dapat bertindak sesuai
dengan behavior yang dimasukkan. Masih ada juga behavior belum sempurna yang
belum bisa diselesaikan karena keterbatasan pengetahuan dan sumber daya. Dari tugas
akhir ini bisa disimpulkan bahwa implementasi behavior memungkinkan player
mendapatkan pengalaman lebih interaktif dalam memainkan game banyak berbagai
macam behavior yang bisa diimplementasi. Disarankan untuk mempelajari behavior lain
yang bisa dimasukkan menggunakan agent, melengkapi kekurangan dari AI