| dc.description.abstract |
Proses pembakaran yang tidak sempurna, menyebabkan tenaga yang dihasilkan
tidak optimal dan konsumsi bahan bakar yang berlebih, karena bahan bakar tidak
terbakar secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan step up stabilizer dan ignition booster terhadap performa engine dan
efisiensi bahan bakar pada sepeda motor honda PCX 150. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen, hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan
grafik. Step up stabilizer disambungkan pada kabel yang menuju ke sikring dan
kabel yang menuju ke koil dan ignition booster dipasang pada kabel busi. Hasil
pengujian menunjukkan terdapat pengaruh dari penggunaan step up stabilizer dan
ignition booster terhadap performa engine dan efisiensi bahan bakar. Dari hasil
pengujian kondisi standar mendapatkan torsi 38,9 Nm pada RPM 2250 dan daya
14,5 Hp pada RPM 3500 yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan
menggunakan ignition booster dan step up stabilizer dan setelah menggunakan
ignition booster dan step up stabilizer mendapatkan torsi 39,7 Nm pada RPM 2145
dan daya 15,0 Hp pada RPM 4250. Pengujian konsumsi bahan bakar kondisi
standar mendapatkan 43,8 Km/L dan setelah menggunakan ignition booster dan
step up stabilizer mendapatkan 40,8 Km/L yang dimana mengalami penurunan
presentase 6,84%, menandakan dengan menggunakan ignition booster dan step up
stabilizer tidak dapat menurunkan konsumsi bbm. |
en_US |