DSpace Repository

Analisis Kapasitas dan Optimalisasi Runway Pada Bandara Hang Nadim, Batam

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Atha Mumtaz
dc.date.accessioned 2025-02-13T04:01:06Z
dc.date.available 2025-02-13T04:01:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2788
dc.description Dosen Pembimbing : Ir. Nur Hakim en_US
dc.description.abstract Bandara Hang Nadim, Batam memiliki landas pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landas pacu terpanjang di Indonesia dan tujuan penelitian ini untuk menghitung kapasitas runway serta meramalkan pergerakan pesawat dan penumpang dimasa akan datang. Dalam penelitian menggunakan metode FAA dan Trend Regresi. Selanjutnya akan di analisis pergerakan pesawat pada bulan, hari dan sibuk dan juga analisis penumpang jam sibuk pertahunnya, peramalan jumlah pergerakan pesawat dan penumpang setiap tahun hingga 5 tahun kedepan, analisis kebutuhan sisi udara khususnya pada bagian landas pacu bandara. Pengolahan dalam penelitian ini menggunakan model perhitungan sesuai dengan standar FAA (Federal Aviation Administration) dan berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara SKEP/77/Vi/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. Berdasarkan Perhitungan kapasitas runway menggunakan metode FAA. Kapasitas runway pada Bandara Hang Nadim, Batam dapat menampung 33 pergerakan pesawat per jam sedangkan dari data yang didapat pesawat yang beroperasional pada saat jam sibuk di Bandara Hang Nadim, Batam adalah 11 pergerakan per jam, Maka dari itu untuk saat ini sampai 5 tahun kedepan belum perlu adanya pengembangan dari sisi runway en_US
dc.subject runway en_US
dc.subject Bandara en_US
dc.subject optimalisasi en_US
dc.title Analisis Kapasitas dan Optimalisasi Runway Pada Bandara Hang Nadim, Batam en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account