dc.description.abstract |
Kota Tangerang memiliki potensi wisata buatan yang beraneka ragam. Salah satu objek
pariwisata yang berada di Kota Tangerang adalah Situ Cipondoh. Dalam
mengembangkan pariwisata Situ Cipondoh terdapat permasalahan yang menghambat
pelaksanaan pengembangan wisata. Permasalahan tersebut diantaranya adalah
kurangnya koordinasi dan kerjasama antara masyarakat kawasan dan pengelola objek
wisata dengan Pemerintah Daerah, belum optimalnya pemberdayaan pihak swasta
dalam pengembangan wisata pada kawasan ini, dan kurangnya promosi yang dilakukan
dalam memasarkan objek wisata. Hal ini berdampak pada menurunnya semangat
pengelola untuk mengembangkan destinasi agar lebih optimal. Penelitian ini bertujuan
untuk menyusun strategi pengembangan wisata Situ Cipondoh Kota Tangerang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan statistik deskriptif.
Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis komponen wisata 4A, analisis
stakeholders, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dapat
dilakukan yaitu membentuk forum komunikasi dan kerjasama antar stakeholders,
mengoptimalkan Situ Cipondoh sebagaimana fungsinya, menambahkan fasilitas dan
atraksi. meningkatkan kunjungan wisata dengan melakukan branding destinasi wisata,
memanfaatkan lahan kosong di sekitar danau untuk pembangunan fasilitas perdagangan
dan jasa, meningkatkan aksesibilitas dan perbaikan infrastruktur jalan, meningkatkan
kesadaran dan edukasi terkait lingkungan di Situ Cipondoh, menggunakan teknologi
penerangan jalan otomatis dan pemasangan CCTV di sepanjang Jogging Track dan
Floating Market, melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas di Situ Cipondoh |
en_US |