DSpace Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA (LOKASI STUDI KECAMATAN PALABUHANRATU, KABUPATEN SUKABUMI)

Show simple item record

dc.contributor.author Fadhilah, Demas Hafizh
dc.contributor.author Madjid, Kusmalinda
dc.contributor.author Lestari, Forina
dc.date.accessioned 2024-11-14T02:27:46Z
dc.date.available 2024-11-14T02:27:46Z
dc.date.issued 2024-09-03
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2646
dc.description Dosen Pembimbing I : Kusmalinda Madjid ; Dosen Pembimbing II : Forina Lestari en_US
dc.description.abstract Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian di Negara Indonesia. Obyek dan daya tarik wisata yang dimiliki Indonesia sangat beragam mulai dari obyek alam, budaya, tata hidup dan sebagainya. Kabupaten Sukabumi adalah salah satu Kabupaten yang memiliki potensi dalam sektor pariwisata, mulai dari wisata gunung, laut, pantai, sungai dan kebudayaan. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan kajian Strategi Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata, dengan lokus penelitian Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi komponen-komponen apa saja yang ada di lokasi studi dan mengetahui potensi dan masalah serta merumuskan strategi pengembangan objek dan daya tarik wisata di Kecamatan Palabuhanratu. Menerapkan berbagai metode dalam pelaksanaannya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah survey primer, wawancara dan observasi lapangan, dan metode analisisnya menggunakan metode analisis komponen obyek wisata 4A. 4 komponen obyek wisata, yakni atraksi, fasilitas pelayanan pendukung, aksesibilitas dan fasilitas pelayanan tambahan sebagai pelengkap. Belum terpenuhinya sejumlah fasilitas di ketiga obyek wisata, salah satunya dipengaruhi oleh masih rendahnya jumlah pengunjung, karena berdampak pada pendapatan daerah yang kemudian akan digunakan untuk pengembangan wisata. Strategi pengembangan dirumuskan menggunakan analisis SWOT, yang dilihat dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan peningkatan jumlah kunjungan melalui pengembangan atraksi dan penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional, yang diperkirakan akan berdampak pada peningkatan pendapatan daearah untuk peningkatan sarana prasarana di setiap obyek wisata. Strategi dirumuskan menggunakan analisis SWOT, yang dilihat dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA en_US
dc.subject komponen obyek wisata 4A en_US
dc.subject Strategi Pengembangan Wisata en_US
dc.subject Analisis SWOT en_US
dc.subject Kecamatan Palabuhanratu en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA (LOKASI STUDI KECAMATAN PALABUHANRATU, KABUPATEN SUKABUMI) en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0328016704
dc.identifier.nidn NIDN0329058408
dc.identifier.nim NIM1231900015
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI35201#Perencanaan Wilayah dan Kota


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account