Abstract:
Ruas Jalan Komjen Pol. M. Jasin memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dimana didominasi dengan
kawasan perkantoran, perdagangan, fasilitas kesehatan, dan khususnya pendidikan. Akan tetapi, pada ruas Jalan
Komjen Pol. M. Jasin ditemui berbagai jenis kerusakan jalan yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan serta mencari solusi terbaik mengenai jenis pemeliharaan
jalan seperti apakah yang tepat dalam menanggulangi kerusakan jalan tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan metode Pavement Condition Index
dan metode Bina Marga. Penelitian pada studi kasus dilakukan secara visual dimulai dari STA 0+000 - 2+800
dimana dibagi menjadi beberapa segmen dengan ukuran 100 m x 9.3 m.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 5 jenis kerusakan jalan yang terjadi, diantaranya
: tambalan, retak memanjang, retak melintang, retak kulit buaya, dan lubang. Kerusakan jalan terbesar pada
studi kasus yaitu tambalan dengan persentase kerusakan 21,04 % dari luas total seluruh segmen dimana terjadi
secara merata pada STA 0+400 – 1+500. Melalui metode PCI, nilai PCI rata–rata pada studi kasus menghasilkan
nilai 68,50 % dimana berada dalam kondisi baik (good). Sedangkan, melalui metode bina marga nilai urutan
prioritas (UP) rata–rata pada studi kasus menghasilkan nilai 7,29 dimana membutuhkan jenis program
pemeliharaan rutin.