Abstract:
Penelitian dilakukan terhadap baja karbon rendah (low carbon steel)
berupa wire rod (W/R) yang digunakan membuat nipple jari-jari sepeda motor dan
sepeda. Bahan awal (W/R) yang digunakan adalah
: (W/R) diameter 7.50 mm
utnuk nipple jari-jari sepeda motor dan (W/R) diameter 5.50 mm untuk nipple
jari-jari sepeda. Bahan awal tersebut mengalami proses wire drawing (penarikan
kawat) dengan persen reduksi penampang yang berbeda, yaitu :
- (WIR) do 7.50 mm b, 6.45 mm dengan reduksi(R)= 14%
- (WIR) do 7.50 mm » b, 5.80 mm dengan reduksi(R)= 22.7 %
- (WIR) do 5.50 mm-> d, 4.50 mm dengan reduksi(R) = 18%
- (WIR) b 5.50 mm d, 3.85 mm dengan reduksi(R)= 30%
r
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa semakin besar persen
reduksi penampang, kekuatan tarik dan kekuatan luluh dan nilai kekerasan
semakin meningkat akan tetapi regangan semakin menurun. Nilai kekuatan tarik
terbesar o, = 976,47 N/mm, kekuatan luluh o = 856,68 N/mm, kekerasan HV=
1958,91 N/mm, dengan nilai persen reduksi penampang sebesar R = 30%. Hal ini
dikarenakan adanya pengerasan regangan (strain Hardening) pada saat proses wire
drawing. Struktur mikro yang terdapat pada material yang sebelum dan sesudah
mendapat proses penarikan memiliki struktur ferrit.