dc.description.abstract |
Dalam sebuah organisasi, anggota merupakan unsur terpenting dalam menjalankan
organisasi. Setiap tahunnya, dalam suatu organisasi akan dilakukan pembukaan
pendaftaran anggota baru guna melakukan pergantian generasi kepengurusan organisasi.
Langkah pertama untuk menjadi anggota suatu organisasi adalah dengan melakukan
pendaftaran pada organisasi yang dituju. Saat ini, di Institut Teknologi Indonesia,
pendaftaran pada organisasi seperti HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi), UKM
(Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan Khusus) masih dilakukan secara
manual yakni mendatangi workshop organisasi tersebut. Oleh karena itu, dengan
berkembangnya teknologi informasi saat ini setiap organisasi dan staff Pusat
Kemahasiswaan dan Alumni (PKA) membutuhkan aplikasi web yang dapat digunakan
untuk menggantikan proses yang sebelumnya dilakukan secara manual. Aplikasi web ini
juga dapat memudahkan pendataan kegiatan dan daftar ulang organisasi serta membantu
mahasiswa jurusan mendapatkan informasi tentang kegiatan dan mengajukan
keanggotaan organisasi di sebuah organisasi. Sistem aplikasi ini harus mengakomodir
kebutuhan pendaftaran mahasiswa pada organisasi yang dituju dan pengurus organisasi
guna memudahkan rekrutmen anggota baru dan memberikan informasi yang relevan
kepada mahasiswa setiap jurusan. Aplikasi ini dirancang mengunakan bahasa
pemrograman PHP (Perl Hypertext Preprocessor) dan framewok CodeIgniter serta
menggunakan pola arsitektur MVC (Model View Controller). Dalam pembuatan aplikasi
ini menggunakan metode Waterfall, untuk analisisnya menggunakan DFD (Data Flow
Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram), dan untuk database menggunakan
My SQL. Hasil implementasi yang didapatkan dari pengerjaan Tugas Akhir ini adalah
menghasilkan sebuah sistem pendaftaran anggota dan pengelolaan HMPS, UKM dan
UKK berbasis website yang dapat memudahkan mahasiswa untuk melakukan pendaftaran
anggota, memudahkan staff ormawa dalam melakukan pendataan calon anggota dan
melakukan pengelolaan ormawa, serta memudahkan staff PKA untuk meninjau kegiatan
ormawa. |
en_US |