Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring selama pandemi Covid19
di
Institut
Teknologi
Indonesia.
Metode
pada
penelitian
ini
adalah
kualitatif
dengan
analisa
menggunakan pendekatan matriks SWOT untuk merumuskan strategi
pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah mahasiswa Institut Teknologi Indonesia
bagi semua program studi angkatan 2018 dan 2019. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan daftar pernyataan yang berisi variabel internal dan eksternal yang
mempengaruhi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisis
SWOT diperoleh empat rumusan alternatif strategi yaitu Strategi Strength-Opportunities
(SO), Weaknesses-Opportunities (WO), Strength-Threats (ST), dan Weaknesses-Threats
(WT) yang mencakup peningkatan metode pembelajaran (e-learning dan video tutorial),
sarana prasarana (kuota internet) sehingga dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT pada
pembelajaran daring berada pada kuadran 4 yang memiliki kombinasi antara Weaknesses
dengan Threats yang artinya harus memperbaiki kelemahan dan mengurangi ancaman
dari luar (koordinat - 0,8, - 0,8) dapat dijadikan sebagai masukan dalam peningkatan
kualitas pembelajaran bagi Institusi dan peserta didik dalam menunjang keberhasilan
pembelajaran daring pada masa Covid-19 di Institut Teknologi Indonesia.