Abstract:
Saat ini banyak perusahaan besar yang menerapkan aplikasi helpdesk, dimana
aplikasi helpdesk memiliki peranan penting dalam suatu organisasi untuk
menangani dan mengelola kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa
menggunakan system penomoran (request ticket) yang berhubungan dengan
pertanyaan, pelayanan, teknis maupun keluhan seperti helpdesk. Pada saat ini PT.
Surya TOTO Indonesia memiliki banyak department, khususnya bagian non
produksi yang dimana dalam pelaksanaan operasional kerjanya, pengguna
menyampaikan keluhan secara langsung maupun melalui e-mail, sehingga unit
yang dikeluhkan mengalami masalah dalam penyimpanan dan mengelola pelaporan
keluhan. Pelaporan keluhan masih belum terintegrasi dengan baik, selain itu
pemenuhan kebutuhan akan konsumabel yang berhubungan dengan perangkat
komputer pun di butuhkan oleh pengguna. Dari permasalahan tersebut, dibutuhkan
sebuah dokumentasi keluhan dengan merancang aplikasi helpdesk yang dapat
memudahkan pengguna dalam melaporkan permasalahan yang berkaitan dengan
perangkat teknologi informasi kepada departemen IT dan juga memberikan
informasi mengenai ketersediaan stok barang konsumabel yang di butuhkan oleh
pengguna. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Rapid Application Development
serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.
Pengujian sistem tersebut menggunakan blackbox testing serta user acceptance test
(UAT) mendapatkan hasil sebesar 82.8% dengan kategori Sangat Layak.