Abstract:
PT Touieta Servindo merupakan suatu bengkel mobil berskala
besar yang melayani semua jenis mobil dengan fasilitas perlengkapan yang
ukup lengkap. Persahaan ini telah menggunakan sistem informasi, namun
sistem ini masih memiliki kekurangan, misalnya dalam hal normalisasi data,
penetakan laporan, pendataan barang dan jasa serta keamanan data yang kurang
taik
Melihat kekurangan yang terdapat pada sistem tersebut, maka
perlu adanya perancangan sistem beru yang diharapkan dapat mengatasi masalah
yang terjadi. Dalam perancangr sistem ini, telah dibahas rancangan sistem
dengan menggunakan elemen - elemen perancangan sistem, diantaranya :
rancangan Diagram Alir, rancangan Diagram Aliran Data (DAD / DFD),
rancangan Bagan Terstruktur, rancangan Kamus Data, rancangan File, dan juga
rancangan tampilan pada monitor.
Dari beberapa permasalahan yang telah dijabarkan telah
dilakukan pemecahan permasalahan perusahaan dengan membuat suatu sistem
informasi reparasi kendaraan berbasis sistem operasi Windows 95 dan data yang
ternormalisasi menjadi tujuh ( 7 ) buah tabel, yaitu : tabel Barang, tabel Stock
barang , tabel Master Order, tabel Detil Order, tabel Pembayaran, tabel Master
Pembelian Barang , tabel Detil Pembelian Barang. Setiap transaksi reparasi yang
dilakukan langsung memperbaharui data stok barang sehingga informasi data
stok barang selalu mengikuti proses transaksi terbaru. Pada saat terjadi proses
untuk menginput data telah disediakan beberapa informasi mengenai kode bang as schingga kesuhtan untuk mendapatkan kode barang / jasa tidak
tevahi Dengan sstem ii, lpotan dicetak setiap akhir bulan sesuai dengan data
Neamanan data akan lebih terjamin katena sistem informasi ini
memhki pembatas dalam mengaksesnya Hal ini dilakukan dengan proses
pengenalan user dan passwordya setiap kali akan mengakses sistem informasi
rt
Melalui sistem
informasi reparasi kendaraan yang telah
dikemukakan kendala yang terjadi dalam PT. Torieta Servindo dapat diatasi.