dc.contributor.advisor |
Hakim, Nur |
|
dc.contributor.author |
Ramadhan, M. Fazri |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-30T03:19:36Z |
|
dc.date.available |
2024-07-30T03:19:36Z |
|
dc.date.issued |
2023-08-25 |
|
dc.identifier.issn |
NIM1211700036 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2217 |
|
dc.description |
Dosen Pembimbing : Nur Hakim |
en_US |
dc.description.abstract |
Lalu lintas pada simpang Jl Raya Semplak kerap terjadi kemacetan yang disebabkan oleh
antrean kendaraan yang meningkat seiring bertambahnya tahun mengakibatkan volume kendaraan
yang meningkat dan penerapan lampu APILL yang semakin kurang efisien Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa kinerja simpang di kawasan semplak bogor berupa panjang antrian, tundaan dan
Level Of Service kemudian melakukan optimalisasi dengan beberapa alternatif dan
membandingkannya dengan hasil analisa pada kondisi eksisting dan analisa setelah optimalisasi.
Metodologi yang digunakan pada penelitian persimpangan ini menggunakan metode
kuantitatif berupa survei lapangan langsung dan dilakukan pemodelan arus lalu lintas menggunakan
komputer yang ditunjang dengan software Vissim.berdasarkan hasil survei lalu lintas, pada hari di
hari Minggu 16 April 2023 dan hari Senin 1 Mei 2023 di periode waktu pagi dan sore hari didapatkan
arus puncak terjadi pada hari Senin 1 Mei 2023 pukul 16.00 s/d 17.00 WIB dengan total kendaraan
14.808 kendaraan/jam
Optimalisasi kinerja simpang dilakukan dengan skenario perubahan fase dari 4 fase
terlindung menjadi 3 fase terlindung pelarangan belok kanan dan perubahan geometrik pada
simpang berupa penambahan FlyOver arah Utara ( Jl. Raya Semplak ) Selatan ( Jl. Brigjen Saptadji
Hadiprawira) ditambah dengan perubahan fase dan FlyOver arah Barat Timur ( Jl. KH. R. Abdullah
Bin Nur) ditambah dengan perubahan fase. Dengan hasil optimalisasi yang terbaik diperoleh pada
skenario penambahan lajur tambahan berupa FlyOver arah Barat Timur ( Jl. KH. R. Abdullah Bin
Nur) dimana diperoleh perbaikan pada kinerja simpang semplak yang dalam kondisi ekisting Level
of Service F Menjadi Level of Service C |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Institut Teknologi Indonesia |
en_US |
dc.subject |
Simpang Bersinyal |
en_US |
dc.subject |
PVT Vissim |
en_US |
dc.subject |
Tundaan |
en_US |
dc.subject |
Panjang Antrian dan Tingkat Pelayanan |
en_US |
dc.subject |
Optimization |
en_US |
dc.title |
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG SEMPLAK, BOGOR) |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |
dc.identifier.nidn |
NIDN0327066302 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI22201#Teknik Sipil |
|