Abstract:
Tugas akhir ini membahas tentang proses rancang bangun dan implementasi sebuah game
platformer menggunakan Unreal Engine. Game platformer dipilih sebagai fokus utama karena
kemampuannya dalam memberikan pengalaman bermain yang menarik dan tantangan yang
menyenangkan. Unreal Engine dipilih sebagai mesin pengembangan karena keunggulan fitur dan
kemampuan grafisnya yang tinggi. Metodologi penelitian melibatkan tahap desain konsep game,
implementasi kode menggunakan Unreal Engine, dan evaluasi kinerja. Desain game mencakup
pengembangan karakter, level, dan elemen visual lainnya, sementara implementasi kode
menggunakan bahasa pemrograman yang terintegrasi dengan Unreal Engine. Evaluasi kinerja
melibatkan pengujian fungsionalitas dan responsivitas, serta analisis pengalaman pengguna. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa game platformer yang dikembangkan mampu memberikan
pengalaman bermain yang memuaskan dengan tingkat kesulitan yang seimbang. Penggunaan
Unreal Engine membantu mempercepat proses pengembangan dan memberikan kualitas visual
yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Unreal Engine dapat digunakan secara
efektif untuk merancang dan membangun game platformer yang menarik. Implikasi praktis dari
penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengembang game yang tertarik dalam
memanfaatkan Unreal Engine untuk proyek-platformer. Penelitian ini berkontribusi pada literatur
pengembangan game dan menjadi referensi yang menarik dalam pengembangan game dengan
Unreal Engine.