Abstract:
Persimpang warung jambu kerap terjadi kemacetan yang disebabkan oleh antrean
kendaraan yang meningkat seiring bertambahnya tahun mengakibatkan volume kendaraan yang
meningkat dan penerapan lampu APILL yang semakin kurang efisien Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisa kinerja simpang di kawasan kota bogor berupa panjang antrian, tundaan dan Level Of
Service kemudian melakukan optimalisasi dengan beberapa alternatif dan membandingkannya
dengan hasil analisa pada kondisi eksisting dan analisa setelah optimalisasi.
Metodologi yang digunakan pada penelitian persimpangan ini menggunakan metode
kuantitatif berupa survei lapangan langsung dan dilakukan pemodelan arus lalu lintas menggunakan
komputer yang ditunjang dengan software Vissim.berdasarkan hasil survei lalu lintas, pada hari
weekday dan weekend di jam puncak pagi dan sore dengan total kendaraan terbanyak sebanyak
15.733 kendaraan/jam.
Optimalisasi kinerja simpang dilakukan dengan beberapa skenario diantaranya perubahan
fase pelarangan belok kanan dan pemodelan Flyover arah Utara ( Jl. Ks Tubun ) Selatan ( Jl.
Pajajaran ) dan FlyOver arah Barat ( Jl. Jendral Ahmad Yani/ Cibuluh ) Timur ( Jl. Achmad
Adnawijaya ). Dengan hasil optimalisasi yang terbaik diperoleh pada skenario FlyOver arah Barat
( Jl. Jendral Ahmad Yani/ Cibuluh ) Timur ( Jl. Achmad Adnawijaya ) dimana diperoleh perbaikan
pada kinerja simpang warung jambu yang dalam kondisi ekisting Level of Service E Menjadi Level
of Service D