DSpace Repository

OPTIMASI DESAIN KEKUATAN STRUKTUR GERBONG DATAR PENGANGKUT BARANG 42 TONBERBAHAN DASAR BAJA JIS G 3101 DENGAN SIMULASI BEBAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suastianti, Dwita
dc.contributor.author Al Furqon, Muhammad Iqbal
dc.date.accessioned 2023-10-19T01:59:33Z
dc.date.available 2023-10-19T01:59:33Z
dc.date.issued 2023-08-21
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1735
dc.description Dosen pembimbing : Dwita Suastianti en_US
dc.description.abstract Gerbong datar merupakan jenis gerbong yang paling sederhana dan biasanya digunakan untuk mengangkut barang berupa peti kemas dengan kapasitas beban maksimal hingga 42 ton. Dalam penggunaannya, gerbong datar kereta api ini digunakan untuk mengangkut sak semen yang disusun secara palet sehingga mengakibatkan retakan pada rangka bawah struktur gerbong datar kereta api. Tujuan dari analisis ini adalah untuk memperoleh kekuatan struktur gerbong datar berbahan dasar BAJA JIS G 3101 yang dapat membawa beban maksimum dan meminimalkan terjadi nya tegangan sisa (residual stress) guna menghindari terjadinya crack/retak. Proses analisis diawali dengan pemodelan sesuai dengan ukuran asli gerbong datar kereta api yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian tumpuan, beban gravitasi, dan spesifikasi material yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis yang telah diperoleh dari beban kantong semen sebesar 546.000 N dan beban ratchet sebesar 900.000 N pada rangka gerbong kereta api, didapatkan sebelum dioptimasi nilai tegangan maksimum von Mises stress sebesar 231,91 MPa dan setelah dioptimasi nilai tegangan maksimum von Mises stress sebesar 189,31 MPa yang timbul pada rangka bawah struktur gerbong datar kereta api sebagai tempat terjadinya retak dan nilai deformasi sebelum dioptimasi total maksimum sebesar 19.526 mm, nilai deformasi setelah dioptimasi total maksimum sebesar 16,741 mm yang terjadi pada bagian tengah gerbong datar kereta api. Gerbong datar kereta api terbuat dari bahan SS400 dengan nilai yield strength sebesar 245 MPa. Oleh karena itu, didapatkan bahwa nilai tegangan yang timbul pada gerbong datar kereta api masih dalam daerah aman dan diijinkan. en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Optimasi Desain en_US
dc.subject Gerbong Datar en_US
dc.subject Pengangkut barang Semen en_US
dc.subject Perangkat Lunak Anys en_US
dc.title OPTIMASI DESAIN KEKUATAN STRUKTUR GERBONG DATAR PENGANGKUT BARANG 42 TONBERBAHAN DASAR BAJA JIS G 3101 DENGAN SIMULASI BEBAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0316096501
dc.identifier.nim NIM1121900035
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI21201#Teknik Mesin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account