Abstract:
Nozzle exhaust pada mesin turbin gas merupakan perangkat tambahan dibuat untuk memenuhi
kebutuhan dalam dunia industri penerbangan dengan berbagai konfigurasi dalam penggerak pesawat.
Penggunaan perangkat nozzle exhaust khusus pada mesin turbin gas tipe GE J79 berfungsi untuk
meningkatkan daya dorong yang dibutuhkan untuk daya jelajah subsonik maupun supersonik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui berapa penambahan daya dorong pada mesin turbin
gas yang diaplikasikan dengan nozzle exhaust serta untuk mengetahui bagaimana model simulasi
yang dilakukan sebagai metode yang dipilih untuk penelitian. Simulasi CFD (Computational Fluid
Dynamics) pada nozzle exhaust bertujuan untuk mengetahui karakteristik aliran fluida ketika
melewati nozzle. Desain nozzle exhaust dibuat dengan ukuran yang sesuai tipe CJ610-8 yang
merupakan pengambangan dari tipe J79, mesin turbin gas ini memiliki diameter selimut sebesar 45
inch sehingga nozzle didesain dengan ukuran diameter inlet 45 inch dan diameter outlet 22,5 inch.
Dengan melakukan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics) pada nozzle exhaust turbin gas
tipe CJ610-8 yang merupakan pengambangan dari tipe J79 yang memiliki daya dorong sebesar 16,3
kN, mengalami penambahan daya dorong ketika diaplikasikan perangkat nozzle exhaust menjadi
33,11108 kN.