dc.description.abstract |
Penelitian ini menganalisis sistem Regenerative Brake pada bus listrik jenis MD12E-NF
buatan PT. Mobil Anak Bangsa. Mobil listrik memiliki pengereman berbeda dengan
mobil konvensional, yaitu pengereman regeneratif, yang menghasilkan listrik saat
pengereman. Penelitian dimulai dengan mencari nilai pengereman ideal, minimal, dan
aktual sehingga membentuk kurva pengereman. Simulasi menggunakan drive cycle HD
UDDS, yaitu tes pengujian kendaraan atau kebiasaan dalam berkendara dalam 1 siklus
yang kemudian simulasi ini digabung dengan gaya-gaya yang mempengaruhi laju bus
seperti gaya gesek jalan, gaya gravitasi, gaya hambat udara dan gaya inersia. Nilai porsi
dan gaya pengereman diperoleh dari menghitung persamaan yang digabung dengan
spesifikasi kendaraan. Kemudian, menghitung torsi pengereman dan juga gaya
pengereman regeneratif pada bus ini. Hasil menunjukkan porsi pengereman regeneratif
dengan koefisien gesek 0,6 adalah 0,2564 dengan gaya 32718,5 N. Energi yang berhasil
diserap adalah 180 kWh dengan efisiensi 56,9%. |
en_US |