Abstract:
Komersialisasi adalah suatu upaya untuk mencapai keuntungan,dan strategi adalah suatu upaya untuk mencapai sesuatu yang dianggap sebagai tujuan. Strategi komersialisasi didefinisikan sebagai suatu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan dalam suatu produk yaitu keuntungan. Film barrier berbasis NFC/PVA merupakan invensi pembuatan kemasan yang dapat terbuat dari olahan tandan kosong kelapa sawit. Keunggulan yang dimiliki Film barrier berbasis NFC/PVA ini mampu melindungi produk terhadap oksigen, karbondioksida, minyak, dan meningkatkan kesatuan struktur produk. Penggunaan metode Analytical hierarchy process untuk startegi komersialisasi invensi berbasis NFC/PVA berdasarkan pengisian kuesioner yang diolah menggunakan Expert Choice menghasilkan pertimbangan yang dominan dalam mempengaruhi keputusan analisis strategi komersial adalah produksi dengan presentase 33%. Pertimbangan kedua adalah SDM dengan presentase 29%. Pemasaran dengan presentase 28%. pertimbangan yang keempat adalah finansial dengan presentase 16%. Untuk perbandingan alternatif Joint sebagai alternatif yang dominan dipilih dengan bobot nilai 43% .sementara bobot alternatif usaha baru adalah 40% .dan bobot alternatif lisensi adalah 18%