dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa
yang sesuai bagi PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Cabang Tangerang
Isiyana. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara
wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan konsep Fred
R.David melalui 3 tahap perumusan strategis yaitu input stage, matching stage
dan decision stage. Pada input stage menggunakan Internal Factor Evaluation
(IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Tahap selanjutnya menggunakan
Matriks SWOT dan Internal-Eksternal (IE) Matrix. Pada tahap akhir
menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil
input stage IFE dan EFE, dapat diketahui total nilai untuk IFE adalah sebesar 3,3
sedangkan EFE adalah 3,2. Dari hasil analisis Matrix SPACE sendiri diketahui
posisi perusahaan sendiri berada pada kuadrat I (Agresif) dengan titik koordinat 4
; 3,33. Sehingga PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Cabang Tangerang
Isiyana harus memanfaatkan kekuatan dan peluang yang sudah di analisis untuk
dapat mengembangkan perusahaan. Pada matching stage menggunakan Matriks
SWOT didapat beberapa kemungkinan alternatif strategi dengan cara
menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang, memanfaatkan peluang
untuk mengatasi kelemahan, menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman
dan meminimalisasikan kelemahan dan menghindari ancaman. Pada matriks
Internal Eksternal (IE) diketahui PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Cabang
Tangerang Isiyana berada pada posisi tumbuh dan dibangun, strategi yang cocok
pada posisi ini adalah strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, dan
strategi pengembangan produk. Pada decision stage dari hasil QSPM dapat
diperoleh alternatif strategi utama yaitu strategi pengembangan pasar dengan
Total Nilai Daya Tarik (TAS) sebesar (4,04). |
en_US |