Abstract:
Makalah ini menyajikan analisis kerusakan katup pada bus jenis RK8 yang
rusak setelah pemakaian. Kerusakan telah terjadi di pelat dan batang katup buang.
Bahan katup terbuat dari baja dengan standar JIS-SUH35. Katup buang yang rusak
diperiksa secara visual dan mikro menggunakan mikroskop elekron. Uji keras
dilakukan pada katup buang yang rusak dengan menggunakan alat uji mikro
Vickers dan dibandingkan dengan katup buang yang baru. Hasil visual
menunjukkan adanya lapisan oksidasi yang tidak stabil pada permukaan katup
buang, merupakan faktor penting dari kegagalan. Lapisan oksidasi yang terbentuk
akan bereaksi dengan lapisan las dan gas suhu buang pada temperatur tinggi,
akibatnya lapisan las kehilangan sifat tahan ausnya selama prosedur servis
berikutnya. Namun, hasil pemeriksaan memperlihatkan adanya peningkatan nilai
kekerasan pada katup buanng bekas. Peningkatan kekerasan ini disebabkan oleh
adanya perubahan fasa sementit dari bentuk bulat (katup buang baru) menjadi
bentuk lamellar (katup buang bekas).