Abstract:
Banyak sekali video ulasan produk kecantikan yang tersebar di platform YouTube,
namun sangat sedikit yang menganalisis sentiment pada video ulasan tersebut.
Penelitian ini melakukan analisis terhadap video ulasan produk kecantikan
menggunakan Random Forest Classifier. Data dikumpukan dari platform YouTube.
Data yang masuk kemudian diseleksi agar tidak terjadi duplikasi data dan berisi hanya
ulasan dari satu jenis produk kecantikan yang tidak lebih dari 12 menit. Video dari data
yang telah diseleksi akan diunduh dan diubah menjadi bentuk teks melalui dua tahap,
yaitu tahap pengubahan video menjadi audio, dan tahap pengubahan audio menjadi teks.
Video yang telah menjadi teks kemudian diseleksi kembali agar data yang gagal
direkognasi dapat dihapus. Labelisasi dilakukan secara manual dengan label rating dari
angka 1 hingga angka 5. Data teks yang telah dilabelisasi selanjutnya akan dilakukan
Preprocessing agar data dapat dimasukan ke dalam model. Pelatihan data menggunakan
Random Forest Classifier dengan banyak tree sejumlah 5. Hasil akhir analisis adalah
klasifiasi rating data uji dengan nilai akurasi model sebesar 0.5 atau 50%.