Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2676
Title: | PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG TERHADAP KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA SIMPANG MATHLA`UL HUDA PARUNG PANJANG |
Authors: | Ardiyatna, Fadly Upa, Verdy Ananda |
Keywords: | Kinerja Simpang PKJI 2014 Perlintasan Sebidang BOK Bina Marga |
Issue Date: | Aug-2024 |
Publisher: | INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA |
Abstract: | Kabupaten Bogor yang mempunyai arus lalu lintas yang cukup padat, hal tersebut disebabkan karena pada perlintasan sebidang antara jalan dengan rel kereta api dengan jalan raya terjadi di sekitar Stasiun Parung Panjang, Kabupaten Bogor khususnya di Jl. Raya Parung Panjang– Jl. Raya Cibunar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja simpang pada pada jalan tersebut meliputi volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan,panjang antrian, tundaan, dan peluang antrian simpang , serta menghitung biaya operasional kendaraan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia PKJI 2014 untuk mengetahui kinerja eksisting berupa volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, dan peluang antrian. Serta perhitungan Biaya Operasional Kendaraan BOK yang mengacu pada Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga 2005 untuk menghitung komponen biaya tetap dan biaya tidak tetap.Dari hasil analisis perhitungan kinerja simpang kondisi eksisting didapatkan hasil volume lalu lintas 2981 skr/jam, C 1955,8 skr/jam, Dj 1,52 , Panjang Antrian 119,253 Meter, Tundaan 13,57 detik/skr, Peluang Antrian 98%-215% dan analisis perhitungan lalu lintas karena bertambahnya frekuensi kereta dengan volume lalu lintas 2981 skr/jam didapatkan hasil kapasitas hilang C 1778 skr/jam, Dj 1,68, Panjang Antrian 124,683 Meter, Tundaan 15,77 detik/skr, dan Peluang Antrian 122%-276%, Serta total biaya operasional kendaraan tetap, pada sepeda motor (SM) untuk kondisi eksisting dengan (Vr= 20 km/jam) adalah Rp, 1.926,47 /km/hari / Rp. 703.161,17 km/tahun dan biaya operasional dengan bertambahnya frekuensi kereta dengan (Vr = 15 km/jam) adalah Rp 1.975,67 /km/hari / Rp. 721.118,91 /km/tahun dimana bila kecepatan naik BOK turun. |
Description: | Dosen pembimbing : Verdy Ananda Upa |
URI: | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2676 |
Appears in Collections: | [TA] Teknik Sipil |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.pdf | COVER | 72.95 kB | Adobe PDF | View/Open |
2 ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 181.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
3 BAB I.pdf | BAB I | 140.19 kB | Adobe PDF | View/Open |
4 BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 458.97 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
5 BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 266.91 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
6 BAB IV.pdf Restricted Access | BAB IV | 835.8 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
7 BAB V.pdf | BAB V | 131.74 kB | Adobe PDF | View/Open |
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 190.28 kB | Adobe PDF | View/Open |
9 FULL TEXT.pdf Restricted Access | FULL TEXT | 3.27 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.