Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/129
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPathya Rupajati-
dc.contributor.authorAnggoro, Irfan Bayu-
dc.date.accessioned2020-12-03T08:04:49Z-
dc.date.available2020-12-03T08:04:49Z-
dc.date.issued2020-08-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/129-
dc.descriptionDosen Pembimbing: Pathya Rupajatien_US
dc.description.abstractAlumunium 5052 dan Alumunium 6061 merupakan paduan aluminium (Al) dengan magnesium (Mg), dan ada unsur paduan Silika (Si) pada Almunium 6061. Almumunium memiliki sifat tidak dapat diperlakukan-panas, tetapi memiliki sifat baik dalam daya tahan korosi terutama korosi yang di sebabkan oleh air laut. Weldability(sifat mampu las) pada AlMg banyak dipakai untuk konstruksi umum, termasuk pada bidang otomotif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar pengaruh parameter proses pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas) terhadap karakteristik sifat mekanis material paduan antara Aluminium 5052 dan Aluminium 6061 untuk aplikasi rangka pelindung(Roll Cage) pada mobil balap rally. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode pengujian makro struktur, dan pengujian sifat mekanis seperti pengujian Tarik, dan pengujian vickers. Hasil pengujian makro dengan pembesaran 10 kali menggunakan makro Etsa didapat terlihatnya cacat pengelasan Incomplete Penetration, ataupun retakan pada weld metal, dan pada hasil pengujian mikro dapat dilihat cacat-cacat pengelasan, dan struktur fasanya. Pada pengujian kekuatan tarik hasil maksimum didapatkan pada pengelasan material kombinasi AA-6061 dengan AA-6061 sebesar 71,5 N/mm², dan hasil pengujian vickers kekuatan terbesar terdapat pada Heat Affected Zone (HAZ) yaitu pada material kombinasi AA-6061 dengan AA6061, dengan nilai terbesar sebesar 67,8 HV. Dari nilai kekerasan material paduan tersebut mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda. Salah satu penyebab perbedaan nilai kekerasan ini dikarenakan adanya tingkat cacat pengelasan pada material tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectTIG Pengelasanen_US
dc.subjectKuat Arus Pengelasanen_US
dc.subjectKecepatan Lasen_US
dc.subjectSudut Kampuhen_US
dc.subjectAlumunium Paduanen_US
dc.titleKARAKTERISTIK PROSES PENGELASAN TIG PADA ALUMUNIUM 5052 DAN ALUMUNIUM 6061 TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK APLIKASI RANGKA PELINDUNG (ROLL CAGE) PADA MOBIL BALAP RALLYen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0313108701-
dc.identifier.nimNIM1121400020-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI21201#Teknik Mesin-
Appears in Collections:[TA] Teknik Mesin

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.pdfCOVER49.83 kBAdobe PDFView/Open
2 ABSTRAK.pdfABSTRAK147.47 kBAdobe PDFView/Open
3 BAB I.pdfBAB I183.25 kBAdobe PDFView/Open
4 BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II804.13 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
5 BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III300.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
6 BAB IV.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
7 BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V255.41 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
8 DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA31.59 kBAdobe PDFView/Open
LEMBAR PENGESAHAN.jpgLEMBAR PENGESAHAN3.18 MBJPEGView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.