Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/647
Title: | KAJIAN OPTIMALISASI FUNGSI DAN PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG TIPE B DI KECAMATAN BALARAJA KABUPATEN TANGERANG |
Authors: | Nur Hakim Pauziah, Shifa |
Keywords: | Terminal Balaraja Keberadaan Lokasi Karakteristik Penumpang Kinerja Operasional Terminal Bayangan |
Issue Date: | 14-Jan-2021 |
Publisher: | Institut Teknologi Indonesia |
Abstract: | Kecamatan Balaraja merupakan satu-satunya kecamatan yang memiliki terminal tipe B di Kabupaten Tangerang. Namun pada saat ini tidak ada pengguna baik operator maupun penumpang yang menggunakan Terminal ini. Pengguna lebih memilih untuk menunggu angkutan ataupun menunggu penumpang di terminal bayangan yang berada disekitar Terminal Balaraja. Terminal Balaraja kurang diminati dikarenakan lokasinya yang jauh dari pusat kegiatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji kinerja fungsi dan pelayanan di Terminal Balaraja berdasarkan keberadaan lokasi terminal, karaktersitik penumpang dan kinerja operasional angkutan dalam sistem transportasi di Kabupaten Tangerang. Metode analisa yang digunakan pada penelitian ini yaitu melihat keberadaan lokasi, kinerja operasional jaringan trayek dan origin – destination (O-D) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat lima persyaratan tentang lokasi terminal tipe B, dari 5 persyaratan tersebut hanya ada 2 persyaratan yang memenuhi standar yaitu terletak nya Terminal Balaraja dalam jaringan trayek antar kota dalam provinsi dan jarak antara dua terminal antara terminal tipe A dan terminal tipe B >15 km. Pengguna angkutan umum memiliki karakter yang dilihat dari zona asal penumpang angkutan umum dan tujuan kecamatan penumpang, bahwa penumpang paling dominan berasal zona 1 yang merupakan Kecamatan Balaraja dengan maksud perjalanan untuk bersekolah atau pendidikan. Kinerja operasional angkutan yang ada di Terminal Balaraja memiliki kinerja pelayanan yang berbeda, dari 11 jaringan trayek hanya ada 3 jaringan trayek yang memiliki penilaian baik, ini dikarenakan ketiga trayek ini memiliki penilian dari segi faktor muatan dan kecepatan perjalanan yang baik, dan dari sisi pelayanan para angkutan ini melanggar peraturan dengan berhenti dibadan jalan. Dampak dari angkutan yang melanggar ini yaitu penyempitan badan jalan dan kemacetan disetiap harinya. |
Description: | Dosen Pembimbing : Nur Hakim |
URI: | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/647 |
Appears in Collections: | [TA] Perencanaan Wilayah dan Kota |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.pdf | JUDUL | 1.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
2 ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 288.54 kB | Adobe PDF | View/Open |
3 BAB I.pdf | BAB I | 928.08 kB | Adobe PDF | View/Open |
4 BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 684.57 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
5 BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 5.34 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
7 BAB V.pdf Restricted Access | BAB V | 234.04 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 232.84 kB | Adobe PDF | View/Open |
9 FULL TEXT.pdf Restricted Access | FULL TEXT | 9.42 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.