Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/573
Title: | ANALISIS KINERJA OPERASIONAL SKYTRAIN BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA TANGERANG |
Authors: | Nur Hakim Verdy Ananda Upa Muhammad, Luthfi Zamzam |
Keywords: | Karakteristik Skytrain Operasional Bandara Kinerja |
Issue Date: | Feb-2020 |
Publisher: | Institut Teknologi Indonesia |
Abstract: | Bandar Udara Soekarno-Hatta adalah Bandar Udara Terbesar Se-Indonesia dengan jumlah penumpang sepanjang tahun 2018 adalah 67 Juta Penumpang. Sehingga terjadi peningkatan akan kebutuhan jasa transportasi yang bisa menunjang masyarakat untuk membantu mereka berpindah antar terminal. Maka dari itu pemerintah membangun fasilitas penunjang berupa Skytrain yang mampu menunjang penumpang untuk berpindah Terminal. Tujuan dari pelaksanaan studi ini adalah mengetahui karakteristik dan kinerja operasional skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta Tangerang. Analisis yang digunakan terdiri dari Kapasitas kendaraan (CV), faktor muat (load factor),waktu perjalanan, frekuensi pelayanan, waktu antar (headway), waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, waktu pelayanan, jumlah armada, karakteristik pola pergerakan penumpang, dan integrasi moda transportasi dengan mengumpulan data (primer dan sekunder). Hasil penelitian menunjukan bahwa Skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta memiliki karakteristik dengan hasil load factor pada rute T1-T3 dan T3-T1 adalah 27,8% dan 26,4%. Waktu perjalanan rata-rata kedua rute ialah 4,69 Menit/Km. Kecepatan perjalanan rata-rata kedua rute ialah 14,05 Km/Jam. Frekuensi rata-rata keretanya ialah 5 Kendaraan/jam. Headway rata-ratanya ialah 12 Menit dengan waktu tunggu 6 Menit. Waktu pelayanannya skytrain ialah 19 Jam/hari. Analisis jumlah kebutuhan penumpang armada dengan headway dan demand memiliki perbedaan. Dengan analisa karakteristik di atas didapat kinerja operasionalnya dengan nilai baik berdasarkan dengan standar pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat. Pola pergerakan penumpang skytrain naik maupun turun terbanyak terdapat ada di Terminal 3. Sebagian besar pengguna skytrain adalah penumpang pesawat yang ingin melakukan transit pesawat, ada juga yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan Railink atau kereta bandara. Selain penumpang pesawat ada juga karyawan dan pengantar penumpang yang menggunakan skytrain. Jadwal Skytrain dengan jadwal Railink memiliki perpotongan jadwal dengan waktu tunggu kurang dari 15 menit. |
Description: | Dosen Pembimbing I: Nur Hakim ; Dosen Pembimbing II: Verdy Ananda Upa |
URI: | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/573 |
Appears in Collections: | [TA] Teknik Sipil |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.pdf | JUDUL | 36.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
2 ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 35.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
3 BAB I.pdf | BAB I | 140.18 kB | Adobe PDF | View/Open |
4 BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 373.13 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
5 BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 290.77 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
7 BAB V.pdf Restricted Access | BAB V | 192.34 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 95.23 kB | Adobe PDF | View/Open |
9 FULL TEXT TUGAS AKHIR - (LUTHFI ZAMZAM MUHAMMAD) (121150046).pdf Restricted Access | FULL TEXT | 3.67 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.