Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2654
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFirzatullah, Valdis Ega Devino-
dc.contributor.authorRasyid, Kurniadi-
dc.date.accessioned2024-11-18T02:33:53Z-
dc.date.available2024-11-18T02:33:53Z-
dc.date.issued2024-07-30-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2654-
dc.descriptionDosen pembimbing : Kurniadi Rasyiden_US
dc.description.abstractBogie frame pada kereta Light Rail Transit (LRT) merupakan komponen penting yang mendukung pergerakan kendaraan rel. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi struktur bogie frame LRT melalui komparasi hasil simulasi statis menggunakan Finite Element Method (FEM). Material yang digunakan adalah baja struktural S355 J2, yang memiliki kekuatan dan ketangguhan tinggi sesuai standar Eropa (EN 10025-2). Standar EN 13749 digunakan untuk memverifikasi ketahanan statis dan kelelahan rangka bogie dengan mempertimbangkan beban normal dan beban luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi pembebanan pada bogie frame LRT melalui analisis tegangan Von Mises, nilai deformasi, dan angka keamanan. Optimasi desain dilakukan dengan menambahkan backing plate pada setiap sideframe. Hasil analisis numerik menunjukkan bahwa tegangan Von Mises pada empat kasus pembebanan masih di bawah tegangan luluh material (355 MPa). Penambahan backing plate pada sideframe memberikan angka keamanan tertinggi sebesar 5,47 pada kasus pembebanan pertama, menunjukkan desain yang sangat aman untuk digunakan. Secara keseluruhan, hasil simulasi menunjukkan bahwa bogie frame LRT telah memenuhi kriteria keberterimaan EN 13749 dan tidak mengalami deformasi plastis saat menerima beban luar biasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherINSTITUT TEKNOLOGI INDONESIAen_US
dc.subjectBogie Frame LRTen_US
dc.subjectAnalisa Statisen_US
dc.subjectEN 13749en_US
dc.subjectFinite Element Analysisen_US
dc.titleOPTIMASI DESAIN BOGIE FRAME LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DENGAN PENAMBAHAN BACKING PLATE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHODen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0303116601-
dc.identifier.nimNIM1121900012-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI21201#Teknik Mesin-
Appears in Collections:[TA] Teknik Mesin

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1. COVER.pdfCOVER51.14 kBAdobe PDFView/Open
ABSTRAK.pdfABSTRAK30.13 kBAdobe PDFView/Open
BAB I.pdfBAB I109.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II671.11 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III855.28 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB IV.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB V.pdfBAB V35.33 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA28.89 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT3.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.