Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2654
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Firzatullah, Valdis Ega Devino | - |
dc.contributor.author | Rasyid, Kurniadi | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-18T02:33:53Z | - |
dc.date.available | 2024-11-18T02:33:53Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-30 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2654 | - |
dc.description | Dosen pembimbing : Kurniadi Rasyid | en_US |
dc.description.abstract | Bogie frame pada kereta Light Rail Transit (LRT) merupakan komponen penting yang mendukung pergerakan kendaraan rel. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi struktur bogie frame LRT melalui komparasi hasil simulasi statis menggunakan Finite Element Method (FEM). Material yang digunakan adalah baja struktural S355 J2, yang memiliki kekuatan dan ketangguhan tinggi sesuai standar Eropa (EN 10025-2). Standar EN 13749 digunakan untuk memverifikasi ketahanan statis dan kelelahan rangka bogie dengan mempertimbangkan beban normal dan beban luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi pembebanan pada bogie frame LRT melalui analisis tegangan Von Mises, nilai deformasi, dan angka keamanan. Optimasi desain dilakukan dengan menambahkan backing plate pada setiap sideframe. Hasil analisis numerik menunjukkan bahwa tegangan Von Mises pada empat kasus pembebanan masih di bawah tegangan luluh material (355 MPa). Penambahan backing plate pada sideframe memberikan angka keamanan tertinggi sebesar 5,47 pada kasus pembebanan pertama, menunjukkan desain yang sangat aman untuk digunakan. Secara keseluruhan, hasil simulasi menunjukkan bahwa bogie frame LRT telah memenuhi kriteria keberterimaan EN 13749 dan tidak mengalami deformasi plastis saat menerima beban luar biasa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA | en_US |
dc.subject | Bogie Frame LRT | en_US |
dc.subject | Analisa Statis | en_US |
dc.subject | EN 13749 | en_US |
dc.subject | Finite Element Analysis | en_US |
dc.title | OPTIMASI DESAIN BOGIE FRAME LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DENGAN PENAMBAHAN BACKING PLATE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | NIDN0303116601 | - |
dc.identifier.nim | NIM1121900012 | - |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI21201#Teknik Mesin | - |
Appears in Collections: | [TA] Teknik Mesin |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1. COVER.pdf | COVER | 51.14 kB | Adobe PDF | View/Open |
ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 30.13 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB I.pdf | BAB I | 109.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 671.11 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 855.28 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
BAB IV.pdf Restricted Access | BAB IV | 1.48 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
BAB V.pdf | BAB V | 35.33 kB | Adobe PDF | View/Open |
DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 28.89 kB | Adobe PDF | View/Open |
FULL TEXT.pdf Restricted Access | FULL TEXT | 3.65 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.