Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1939
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPrastyo, Sugeng-
dc.contributor.authorMochtar, Krishna-
dc.date.accessioned2024-01-08T03:46:14Z-
dc.date.available2024-01-08T03:46:14Z-
dc.date.issued2023-07-24-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1939-
dc.descriptionDosen pembimbing : Krishna Mochtaren_US
dc.description.abstractPenggunaan teknologi Form Traveler Underslung pada pengecoran in situ main deck Jembatan Cable Stayed merupakan salah satu alternatif Metode Pelaksanaan Pembangunan Jembatan yang melintasi atau membentangi laut, selat, sungai atau jurang. Aplikasi Teknologi Form Traveler pada pengecoran in situ deck jembatan cable stayed berawal dari konsep design form Traveler, detail fabrikasi dan assembly, erection, lauching dan operasional form Traveler. Komponen utama form traveler terdiri dari : Main Girder, Transverse Truss, Casting Hanger, Main Kicker, Launching Hanger dan Komponen Bekisting Form Traveler terdiri dari Edge Beam Formwork, Inner Formwork, Platform Bracket, Inner Formwork Support System, Gantry. Pekerjaan pengecoran segmen deck jembatan yang menggunakan Form Traveler meliputi : Persiapan launching, Release Bekisting Bawah Edge Beam, Release Bekisting Dalam, Launching ke Segmen berikutnya, Fixing FT (CH, Kicker, LH), Formwork Setting, Install Guide Pipe , Install Stay Cable Tahap I, Install Pembesian, Install Post Tensioning, Pengecoran Slab Segmen (SS/MS), Curing. Perhitungan Kekuatan Batang Tarik Form Traveler saat pengecoran per segmen Deck Jembatan sepanjang 9 m dengan volume beton : 185,91 m3 dan beban (Pu) : 4461,84 KN lebih kecil dari kekuatan batang tarik kondisi fraktur QtPn : 5.378,91 KN, sehingga kekuatan batang tarik pada Form Traveler tersebut aman dan kuat. Dari hasil perhitungan didapatkan kelangsingan (λ) 60,40 < 300 (memenuhi). Analisis biaya konstruksi form traveler ditentukan berdasarkan komponen : Material Baja Struktur dan Fabrikasi, Design, Assembly dan Hidraulic System, Operasional, Transportasi/Delivery, dan peralatan bantu sebesar Rp. 62.694.825.971. Hasil perhitungan produktivitas pekerjaan pengecoran deck yang menggunakan form traveler dituangkan pada Ganttchart /schedule dalam bentuk bar-chart Microsoft Project. Pengecoran Segmen Deck Jembatan yang menggunakan Form Traveler sebanyak 32 Segmen didapatkan durasi Pekerjaan Pengecoran : 11-14 hari tiap segmen dari target rencana awal di 13 hari tiap segmen. Penerapan Teknologi Form Traveler perlu didukung site management antara lain : Pengaturan shift pekerja yang efektif dan efisien serta skill, kompetensi, keahlian tenaga kerja, Arrangement peralatan kerja utama, Inovasi Metode Kerja, Optimasi Pelaksanaan Pekerjaan dengan siklus durasi waktu kerja yang cepat sehingga dapat menurunkan biaya operasional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectForm Traveleren_US
dc.subjectUnderslungen_US
dc.subjectin situen_US
dc.subjectbiaya konstruksien_US
dc.subjectproduktivitasen_US
dc.subjectGanttcharen_US
dc.titleAPLIKASI TEKNOLOGI FORM TRAVELER UNDERSLUNG PADA SUPPORTING FORMWORK MAIN DECK PROYEK JEMBATAN CABLE STAYED TELUK KENDARIen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0321096101-
dc.identifier.nimNIM1212225003-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI22201#Teknik Sipil-
Appears in Collections:[TA] Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdfCOVER417.39 kBAdobe PDFView/Open
ABSTRAK.pdfABSTRAK176.22 kBAdobe PDFView/Open
BAB 1.pdfBAB I197.5 kBAdobe PDFView/Open
BAB 2.pdf
  Restricted Access
BAB II3.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 3.pdf
  Restricted Access
BAB III1.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 4.pdf
  Restricted Access
BAB IV5.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 5.pdfBAB V177.62 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR REFERENSI.pdfDAFTAR REFERENSI167.53 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT10.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.