Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1625
Title: | EVALUASI DAN PENGATURAN SIMPANG BERSINYAL TERKOORDINASI DENGAN PROGRAM VISSIM (STUDI KASUS: SIMPANG PADA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA TANGERANG) |
Authors: | Hakim, Nur Habibullah, Iqbal Maulana |
Keywords: | PTV VISSIM Koordinasi Sinyal Mikrosimulasi |
Issue Date: | 16-Aug-2022 |
Publisher: | Institut Teknologi Indonesia |
Abstract: | Kota Tangerang merupakan pusat manufaktur dan industri di pulau jawa dan merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesat, dengan ditandai oleh banyaknya jumlah kawasan industri dan bisnis. Selain berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, banyak kota-kota mandiri (kota penyangga) kelas menengah dan kelas atas yang sedang dan telah dikembangkan di Kota Tangerang lengkap dengan kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah swasta dan mini market, sehingga mengakibatkan tingginya mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk memenuhi mobilitas masyarakat maka kebutuhan kendaraan selalu mengalami peningkatan baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Namun yang menjadi masalah adalah seringkali peningkatan jumlah kendaraan yang melintas tidak berbanding lurus dengan meningkatnya kapasitas jalan. Ruas Jalan Jendral Sudirman merupakan salah satu ruas jalan tersibuk di Kota Tangerang. Selain volume kendaraan yang besar, masalah yang kerap terjadi di ruas jalan ini adalah kendaraan terkadang harus selalu berhenti pada tiap simpang yang dilewati karena selalu mendapat sinyal merah. Hal ini bisa terjadi karena jarak antar simpang yang berada di ruas jalan ini berada pada posisi yang berdekatan yaitu ≤ 500 meter. Selain itu koordinasi antar simpang bersinyal yang belum diterapkan atau pengaturan yang masih kurang maksimal menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan juga. Dalam penelitian ini, mikrosimulasi lalu lintas dengan software VISSIM digunakan untuk melakukan analisis panjang antrian, tundaan dan Level of Service pada kondisi eksisting dan perancangan koordinasi sinyal. Hasil yang diperoleh dari mikrosimulasi VISSIM ini adalah perbaikan pada kinerja Simpang Puspem dan Simpang Tanah Tinggi yang meliputi, 1. Simpang Puspem : LOS E (Vehicle delay 73,12 detik) ke LOS D (Vehicle Delay 43,19 detik), 2. Simpang Tanah Tinggi : LOS F (Vehicle Delay 95,19) ke LOS D (Vehicle Delay 50,8 detik) |
Description: | Dosen Pembimbing : Nur Hakim |
URI: | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1625 |
Appears in Collections: | [TA] Teknik Sipil |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
1 COVER.pdf | COVER | 20.46 kB | Adobe PDF | View/Open |
2 ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 70.65 kB | Adobe PDF | View/Open |
3 BAB I.pdf | BAB I | 416.76 kB | Adobe PDF | View/Open |
4 BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 791.77 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
5 BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 828.17 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
6 BAB IV.pdf Restricted Access | BAB IV | 3.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
7 BAB V.pdf Restricted Access | BAB V | 21.75 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 151.71 kB | Adobe PDF | View/Open |
9 FULL TEXT.pdf Restricted Access | FULL TEXT | 10.72 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.