Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1606
Title: EVALUASI USABILITY APLIKASI SIAKAD CLOUD ITI BERBASIS ISO 9241-11 MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN USE QUESTIONNAIRE
Authors: Theresia, Linda
Febrianti, Firdha
Keywords: Usability Testing
USE Kuesioner
Aplikasi SiAkadCloud
User Experience
Issue Date: 15-Aug-2023
Publisher: Institut Teknologi Indonesia
Abstract: Aplikasi SiAkadCloud merupakan layanan sistem informasi manajemen akademik terpadu untuk perguruan tinggi atau universitas berbasis Android. Berdasarkan hasil studi dan wawancara pendahuluan kepada 5 orang pengguna aplikasi, ditemukan permasalahan yang dialami pengguna yaitu Kesulitan dalam mencari, mencetak KRS dan KHS, Tidak bisa mengunduh KRS dan Transkip Nilai, lalu pengguna merasa kurang puas terhadap kinerja aplikasi karena kesulitan-kesulitan yang pengguna alami. Sehingga diperlukannya evaluasi Usability aplikasi siAkadCloud. Pengujian ini akan dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tes tugas, kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara, menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire. Kuesioner USE yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Sampel penelitian ini menggunakan 2 kelompok pengguna yaitu 5 pengguna terampil dan 5 pengguna pemula. Hasil peneltian ditemukan beberapa permasalahan tersebut antara lain, masih banyak Error yang dilakukan responden, Tidak Ada Kolom pencarian (M1), Tidak adanya tombol bantuan (M2), Tidak dapat mengunduh KRS (M3), Warna font di profil dengan background latar tidak kontras sehingga sulit untuk dibaca (M4), Menu sulit diingat karena Icon kurang mencolok (M5). Didapat Nilai Usability masing-masing parameter adalah Usefulness sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 4,16 menjadi 5,35 dengan peningkatan sebesar 29%, Ease of Use sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,82 menjadi 5,43 dengan peningkatan sebesar 42%, Ease of Learning sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 4,05 menjadi 5,40 dengan peningkatan sebesar 33%, serta Satisfaction sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,41 menjadi 5,31 dengan peningkatan sebesar 56%. Perbaikan yang diberikan adalah memberikan infografis design interface dengan prototype design aplikasi menggunakan Figma.
Description: Dosen Pembimbing : Linda Theresia
URI: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1606
Appears in Collections:[TA] Teknik Industri

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.pdfCOVER64.12 kBAdobe PDFView/Open
ABSTRAKSI.pdfABSTRAK36.87 kBAdobe PDFView/Open
BAB I.pdf
  Restricted Access
BAB I51.84 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II151.73 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III68.91 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB IV.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V91.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA278.9 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT1.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.