dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Tipe penelitian
yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian inimenggunakan random sampling. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah
khasanah ilmu pengetahuan sosial atau sosiologi, khususnya sosiologi keluarga. Serta menambah reverensi
masyarakat dalam memahami permasalahan seputar nak dan orang tua. Secara Praktis, hasil penelitian ini
diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam mengenai penggunaan gadget
pada anak-anak dengan pengawasan orang tua dan juga menambah ilmu dan pengetahuan. Hasil penelitian yang
diperoleh 1) Terlihat anak usia dini sering menggunakan gadget pada saat kegiatan tertentu. Sehingga anak usia
dini merasa terlalu senang menggunakan gadget yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. 2)
bagaimana bentuk penggunaan gadget (aplikasi, intensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak usia dini.
3) Sebagian besar anak usia dini meggunakan gadget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi
yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk media pembelajaran bagi anak usia dini. 4) pengawasan oleh
orang tua dirasakan kurang, karena sebagian besar orang tua terkesan memberikan dan tidak terlalu khawatir
dengan dapak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus- menerus. Orang tua harus lebih
berhati – hati dalam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk
meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan
dan dimanfaatkan untuk hal yang positif. Penggunaan gadget sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia
6 tahun, karena saat usia tersebut anak lebih baik diarahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas
dilingkungan agar mudah untuk bersosialisasi. |
en_US |