Abstract:
Latar Belakang: Transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini di gunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Tujuan: Pengaruh penggantian pegas continuous variable transmision (cvt) terhadap unjuk kerja mesin, konsumsi bahan bakar, akselerasi pada sepeda motor Beat 110 cc. Metode: Penelitian ini menggunakan metode uji observasi, studi literatur Hasil: Perbandingan konsumsi bahan bakar lebih irit menggunakan pegas cvt standar dibandingkan menggunakan pegas cvt racing yang lebih boros. Perbandingan percepatan (akselerasi) pegas cvt racing lebih tinggi dibandingkan pegas cvt standar lebih rendah. Perbandingan unjuk kerja kendaraan menggunakan pegas cvt racing power tinggi & torsi tinggi dibandingkan menggunakan pegas cvt standar power rendah & torsi rendah. Perbandingan top speed menggunakan pegas cvt standar mencapai 120 km/jam dibandingkan menggunakan pegas cvt racing mencapai 110 km/jam. Kesimpulan: Penggaruh penggantian pegas cvt terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih boros, torsi meningkat, power meningkat. Percepatan akselerasi yang dihasilkan lebih tinggi menggunakan pegas cvt standar dibandingkan pegas cvt racing.