Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/573
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNur Hakim-
dc.contributor.advisorVerdy Ananda Upa-
dc.contributor.authorMuhammad, Luthfi Zamzam-
dc.date.accessioned2021-04-14T04:24:10Z-
dc.date.available2021-04-14T04:24:10Z-
dc.date.issued2020-02-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/573-
dc.descriptionDosen Pembimbing I: Nur Hakim ; Dosen Pembimbing II: Verdy Ananda Upaen_US
dc.description.abstractBandar Udara Soekarno-Hatta adalah Bandar Udara Terbesar Se-Indonesia dengan jumlah penumpang sepanjang tahun 2018 adalah 67 Juta Penumpang. Sehingga terjadi peningkatan akan kebutuhan jasa transportasi yang bisa menunjang masyarakat untuk membantu mereka berpindah antar terminal. Maka dari itu pemerintah membangun fasilitas penunjang berupa Skytrain yang mampu menunjang penumpang untuk berpindah Terminal. Tujuan dari pelaksanaan studi ini adalah mengetahui karakteristik dan kinerja operasional skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta Tangerang. Analisis yang digunakan terdiri dari Kapasitas kendaraan (CV), faktor muat (load factor),waktu perjalanan, frekuensi pelayanan, waktu antar (headway), waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, waktu pelayanan, jumlah armada, karakteristik pola pergerakan penumpang, dan integrasi moda transportasi dengan mengumpulan data (primer dan sekunder). Hasil penelitian menunjukan bahwa Skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta memiliki karakteristik dengan hasil load factor pada rute T1-T3 dan T3-T1 adalah 27,8% dan 26,4%. Waktu perjalanan rata-rata kedua rute ialah 4,69 Menit/Km. Kecepatan perjalanan rata-rata kedua rute ialah 14,05 Km/Jam. Frekuensi rata-rata keretanya ialah 5 Kendaraan/jam. Headway rata-ratanya ialah 12 Menit dengan waktu tunggu 6 Menit. Waktu pelayanannya skytrain ialah 19 Jam/hari. Analisis jumlah kebutuhan penumpang armada dengan headway dan demand memiliki perbedaan. Dengan analisa karakteristik di atas didapat kinerja operasionalnya dengan nilai baik berdasarkan dengan standar pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat. Pola pergerakan penumpang skytrain naik maupun turun terbanyak terdapat ada di Terminal 3. Sebagian besar pengguna skytrain adalah penumpang pesawat yang ingin melakukan transit pesawat, ada juga yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan Railink atau kereta bandara. Selain penumpang pesawat ada juga karyawan dan pengantar penumpang yang menggunakan skytrain. Jadwal Skytrain dengan jadwal Railink memiliki perpotongan jadwal dengan waktu tunggu kurang dari 15 menit.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectKarakteristiken_US
dc.subjectSkytrainen_US
dc.subjectOperasionalen_US
dc.subjectBandaraen_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.titleANALISIS KINERJA OPERASIONAL SKYTRAIN BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA TANGERANGen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0327066302-
dc.identifier.nidnNIDN0316099201-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI22201#Teknik Sipil-
Appears in Collections:[TA] Teknik Sipil

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.pdfJUDUL36.81 kBAdobe PDFView/Open
2 ABSTRAK.pdfABSTRAK35.98 kBAdobe PDFView/Open
3 BAB I.pdfBAB I140.18 kBAdobe PDFView/Open
4 BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II373.13 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
5 BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III290.77 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
7 BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V192.34 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
8 DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA95.23 kBAdobe PDFView/Open
9 FULL TEXT TUGAS AKHIR - (LUTHFI ZAMZAM MUHAMMAD) (121150046).pdf
  Restricted Access
FULL TEXT3.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.