Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2520
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHidayati, Nurul-
dc.contributor.authorPutra, Dino Hariatma-
dc.date.accessioned2024-10-17T07:03:57Z-
dc.date.available2024-10-17T07:03:57Z-
dc.date.issued2024-09-12-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2520-
dc.descriptionDosen pembimbing : Dino Hariatma Putraen_US
dc.description.abstractBrand fashion lokal seringkali memiliki tantangan dalam bersaing dengan brand internasional yang memiliki anggaran pemasaran yang lebih besar. Namun, Tiktok menawarkan kesempatan unik bagi brand-brand lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar. Dengan semakin populernya TikTok sebagai platform media sosial, banyak pengguna yang berbagi pendapat dan pengalaman mereka terkait berbagai produk, termasuk produk fashion lokal. Penelitian ini mengumpulkan data berupa komentar dan ulasan dari pengguna TikTok yang terkait dengan 15 brand fashion. Data yang diperoleh sebanyak 943 data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode Natural Language Processing (NLP) seperti proses Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Support Vector Machine (SVM) untuk mengidentifikasi sentimen positif dan negatif. Dengan pembagian data 80% digunakan untuk melatih model, dan 20% untuk menguji model. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas sentimen pengguna terhadap brand fashion lokal adalah positif, yang mencerminkan kepuasan pengguna terhadap kualitas dan desain produk. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa analisis sentimen Tiktok terhadap pengguna brand fashion lokal menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) memiliki tingkat akurasi sebesar 92%, presisi 95,4%, recall 79,1%, dan f-1 score 84,4%. Penelitian ini memberikan wawasan untuk brand fashion lokal dalam meningkatkan kualitas produk dan memastikan kepuasan pengguna yang berkelanjutan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Sentimenen_US
dc.subjectBrand Fashion Lokalen_US
dc.subjectNatural Language Processingen_US
dc.subjectSupport Vector Machineen_US
dc.subjectTerm Frequency-Inverse Document Frequencyen_US
dc.subjectTiktoken_US
dc.titleANALISIS SENTIMEN TIKTOK TERHADAP PENGGUNA BRAND FASHION LOKAL MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSINGen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM1152000104-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI55201#Teknik Informatika-
Appears in Collections:[TA] Informatika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A1.COVER.pdfCOVER31.51 kBAdobe PDFView/Open
ABSTRAK.pdfABSTRAK76.77 kBAdobe PDFView/Open
BAB I.pdfBAB I222.01 kBAdobe PDFView/Open
BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II680.79 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III654.69 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB IV.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB V.pdfBAB V182.54 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA142.31 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT TUGAS AKHIR.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT2.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.