Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2277
Title: Penerapan Metode User Centered Design pada Pengembangan Front-End Platform Pembelajaran Berbasis Website PT. BISA ARTIFISIAL INDONESIA
Authors: Indriasari, Melani
Tri Darmawan, Bimo
Keywords: User Centered Design
Pengembangan Front-End
Platform Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Website
PT. Bisa Artifisial Indonesia
Issue Date: 2024
Publisher: Institut Teknologi Indonesia
Abstract: PT. Bisa Artifisial Indonesia, sebuah startup di bidang edutech, mengembangkan platform pembelajaran daring, Bisa AI Academy, yang fokus pada Kecerdasan Artifisial (AI) dan Ilmu Data. Salah satu produk utamanya adalah Bisa AI Academy, sebuah platform pembelajaran daring. Namun, website ini masih memiliki kekurangan dalam alur User Experience-nya, sehingga User Interface dan User Experience-nya masih perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dilakukan penelitian dengan melibatkan observasi dan wawancara dengan staf perusahaan. Permasalahan yang diidentifikasi kemudian diselesaikan melalui evaluasi perancangan baru dengan metode User Centered Design (UCD), melalui proses wireframe hingga prototype. Evaluasi dilakukan oleh staf berpengalaman dan pengujian menggunakan beberapa metode seperti black box testing, system usability testing, dan UI performance testing. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam usability dan kepuasan pengguna, dengan rata-rata SUS score 88,33 dan rating "Excellent". Penelitian ini berkontribusi pada peningkatan usability dan pengalaman pengguna dalam konteks pembelajaran daring, serta memberikan panduan bagi pengembangan website edutech lainnya.
URI: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2277
Appears in Collections:LPM MANDIRI - S1 Informatika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LPD 2024 023.pdfSURAT KETERANGAN PERPUSTAKAAN388.29 kBAdobe PDFView/Open
Laporan Penelitan genap 2324 melani bimo ttd ok.pdfDIGITAL FILE1.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.