Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1058
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Sukandi, Agus | - |
dc.contributor.author | Fauzi, Achmad Kabul | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-19T03:16:26Z | - |
dc.date.available | 2021-11-19T03:16:26Z | - |
dc.date.issued | 2020-10-26 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1058 | - |
dc.description | Dosen Pembimbing: Agus Sukandi | en_US |
dc.description.abstract | Kenaikan temparatur pada kabin pesawat sering terjadi saat penerbangan. Beberapa penyebabnya adalah panas yang dilepaskan oleh penumpang maupun kru, radiasi matahari, alat listrik dan elektronik yang digunakan di pesawat, serta serta adanya pengaruh udara. Sejak penumpang memasuki kabin pesawat hingga meninggalkannya kembali, udara di dalam kabin perlu selalu diregulasi oleh sistem udara pesawat. Hal ini bertujuan antara lain agar suhu kabin tidak terlalu panas bila misalnya mendarat di daerah tropis, dan tidak terlalu dingin ketika terbang. Oleh sebab itu, diperlukan penghitungan kebutuhan sistem pengkondisi udara agar kenyamanan penumpang dapat terjaga serta terhindar dari berbagai permasalahan tekanan dan temperatur seperti cedera yang terjadi akibat perubahan tekanan udara secara mendadak (barotraumas) maupun kurangnya pasokan oksigen di sel dan jaringan tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya (hypoksia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis langkah-langkah menghitung beban pendingin pesawat ATR 72-600 dengan menggunakan metode Cooling Load Temperature Different (CLTD) dan untuk mencapai tingkat kenyamanan penumpang pesawat yang telah ditentukan oleh Federal Aviation Regulation (FAR) dengan menghitung beban pendinginan pada pesawat ATR 72-600. Metode yang digunakan adalah Cooling Load Temperature Different (CLTD) Pick Load yaitu perhitungan beban perbedaan temperatur pada saat beban puncak dengan data berupa temperatur kabin, radiasi matahari, panas dari penumpang, serta panas dari benda elektronik dalam seperti yang dimana sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan beban pendinginan. Data primer diperoleh dari observasi langsung pada pesawat ATR 72-600 rute Manado-Ambon, interview dengan chief engineer, bapak asuh, serta engineer stay rute tersebut. Data sekunder juga digunakan yang diperoleh dari materi training ATR 72-600. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Institut Teknologi Indonesia | en_US |
dc.subject | Pengkondisian Udara | en_US |
dc.subject | Beban Pendingin | en_US |
dc.subject | CLTD | en_US |
dc.title | ANALISIS SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA PESAWAT ATR 72-600 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | NIDN0004066013 | - |
dc.identifier.nim | NIM1121625001 | - |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI21201#Teknik Mesin | - |
Appears in Collections: | [TA] Teknik Mesin |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
JUDUL.pdf | JUDUL | 68.44 kB | Adobe PDF | View/Open |
ABSTRAK.pdf | ABSTRAK | 272.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB I.pdf | BAB I | 355.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
BAB II.pdf Restricted Access | BAB II | 889.31 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
BAB III.pdf Restricted Access | BAB III | 346.66 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
BAB V.pdf Restricted Access | BAB V | 387.95 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
DAFTAR PUSTAKA.pdf | DAFTAR PUSTAKA | 340.21 kB | Adobe PDF | View/Open |
Kabul fauzi TA (2 Agustus 2020).pdf Restricted Access | FULL TEXT | 1.92 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.