Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1020
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBudi Setyono-
dc.contributor.authorBad’han, Muhammad Rizki Rae-
dc.date.accessioned2021-11-09T07:22:38Z-
dc.date.available2021-11-09T07:22:38Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1020-
dc.descriptionDosen Pembimbing: Budi Setyonoen_US
dc.description.abstractResonator yang terdapat di sistem pembuangan pada kendaraan roda empat sangat berperan penting, selain berguna untuk meminimalisir emisi gas buang pada knalpot mobil, juga berguna sebagai peredam suara yang dihasilkan dari sistem pembakaran pada mesin mobil. Tujuan utama dari penelitian ini adalah sebagai pembanding antara penggunaan resonator standar, aftermarket dan pipa free flow atau tanpa resonator terhadap konsumsi bahan bakar, akselerasi dan kebisingan yang dihasilkan pada mobil Honda Brio Satya 1.2 E CVT Tahun 2016. Metode Pengujian yang penulis gunakan pada Tugas Akhir ini adalah metode Uji Observasi dan Studi Literatur. Hasil yang didapatkan dari pengujian Konsumsi Bahan Bakar Resonator Aftermarket lebih irit dibandingkan Tanpa Resonator (Pipa Free Flow) hasil angka yang tertingginya adalah 24,9 km/liter, hasil pengujian akselerasi (percepatan) resonator aftermarket lebih baik dibandingkan Tanpa Resonator (Pipa Free Flow) ataupun resonator standar hasil angka percepatan terbaiknya adalah 3,23 m/det². Hasil pengujian kebisingan pada penggunaan rangkaian Tanpa Resonator (Pipa Free Flow) hasilnya lebih tinggi dibandingkan resonator aftermarket ataupun resonator standar, hasil angka kebisingan tertingginya adalah 82,6 desible. Pengaruh penggantian resonator aftermarket terhadap konsumsi bahan bakar lebih irit, akselerasi percepatan yang dihasilkan lebih tinggi menggunakan resonator aftermarket dibandingkan Tanpa Resonator (Pipa Free Flow), kebisingan yang dihasilkan pada rangkaian Tanpa Resonator (Pipa Free Flow) lebih tinggi dibandingkan resonator aftermarket ataupun resonator standar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectResonatoren_US
dc.subjectSistem Pembuanganen_US
dc.subjectKonsumsi Bahan Bakaren_US
dc.subjectAkselerasien_US
dc.subjectKebisinganen_US
dc.titlePENGARUH PENGGANTIAN RESONATOR AFTERMARKET TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR, AKSELERASI DAN KEBISINGAN PADA MOBIL HONDA BRIO SATYA 1.2 E CVTen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN030603036304-
dc.identifier.nimNIM0121603002-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI21403#Mesin Otomotif-
Appears in Collections:[TA] Teknik Mesin D3 Otomotif

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdfJUDUL178.01 kBAdobe PDFView/Open
ABSTRAK.pdfABSTRAK749.84 kBAdobe PDFView/Open
BAB I.pdfBAB I820.32 kBAdobe PDFView/Open
BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II1.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III1.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V872.77 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA733.43 kBAdobe PDFView/Open
FULL TEXT TUGAS AKHIR.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT2.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.