Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/892
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuastiyanti, Dwita-
dc.contributor.authorPujianto-
dc.date.accessioned2021-09-28T06:40:49Z-
dc.date.available2021-09-28T06:40:49Z-
dc.date.issued2021-09-07-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/892-
dc.descriptionDosen Pembimbing: Dwita Suastiyantien_US
dc.description.abstractPenggunaan transportasi umum sudah menjadi kebutuhan yang mutlak digunakan oleh masyarakat umum salah satunya bus, bus SAE tipe H yang dibekali mesin diesel berkode J08E-UF, dimana bus melayani rute perjalanan Yogyakarta – Jakarta menempuh jarak 547km dengan lama waktu perjalanan ± 13 jam dalam satu kali perjalanan, perawatan roll bearing 32310J as roda dilakukan selama 6 bulan sekali atau selama 780 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang memiliki banyak lubang (rusak). Bagian bantalan yang sering mengalami masalah kerusakan terdapat pada roll bearing tipe bearing 32310J dan jenis material yang digunakan yaitu high carbon chromium bearing steel (0,50 < C < 1,7). Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas bahan pada bantalan dipengaruhi oleh komposisi material dan proses manufaktur, dimana dilakukan pengujian di laboratorium dengan metode hardness Vickers dengan nilai kekerasan pada roll bearing baru 716,06 HVN sedangkan roll bearing bekas pakai memiliki nilai 907,98 HVN. Dimana pada metode pengujian struktur mikro pada roll bearing bekas pakai memiliki fasa sementite dan perlite lebih dominan. Terjadi peningkatan kekerasan pada roll bearing bekas pakai, hal ini disebabkan roll bearing bekas pakai mengalami strain hardening akibat pembebanan selama bus SAE tipe H beroperasi. Peningkatan kekerasan tersebut menyebabkan roll bearing bekas pakai menjadi lebih getas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectTransportasien_US
dc.subjectRoll Bearingen_US
dc.subjectVickersen_US
dc.subjectStruktur Mikroen_US
dc.titleANALISA PENYEBAB KEGAGALAN TAPERED ROLL BEARING TIPE 32310J PADA AS RODA BUSen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0316096501-
dc.identifier.nimNIM1121700045-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI21201#Teknik Mesin-
Appears in Collections:[TA] Teknik Mesin

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.pdfJUDUL13.31 kBAdobe PDFView/Open
2 ABSTRAK.pdfABSTRAK165.05 kBAdobe PDFView/Open
3 BAB I.pdfBAB I137.09 kBAdobe PDFView/Open
4 BAB II.pdf
  Restricted Access
BAB II788.67 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
5 BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III399.86 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
7 BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V58.12 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
8 DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA116.38 kBAdobe PDFView/Open
9 FULL TEXT1.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT2.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.