Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/706
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBramasto, Suryo-
dc.date.accessioned2021-07-06T10:14:34Z-
dc.date.available2021-07-06T10:14:34Z-
dc.date.issued2021-07-05-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/706-
dc.description.abstractPerusahaan harus terus untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan agar dapat bertahan dalam persaingan dalam layanan pengiriman barang. Salah satu peningkatan layanan yang harus ditingkatkan adalah sistem antrian. Penelitian ini dilakukan di suatu counter dari satu perusahaan logistik, yang menyediakan jasa pengiriman barang dan ekspedisi yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan dan berskala nasional. Saat ini, di counter sering terjadi penumpukan antrian. Selain disebabkan oleh banyak pengguna jasa di counter ini, penumpukan terjadi karena petugas juga mengerjakan pengemasan item yang akan dikirim. Akibatnya, petugas memiliki utilitas yang sangat tinggi karena selain melayani pelanggan, juga harus mengemas barang yang akan dikirim. Hal tersebut menyebabkan pelanggan yang mengantre merasa tidak puas terhadap pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan simulasi untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja sistem antrian saat ini. Simulasi dilakukan dengan menggunakan bantuan software Promodel, dan dilakukan pada system penanganan pengiriman barang, yaitu mulai saat pelanggan masuk ke dalam toko, penanganan kebutuhan pelanggan (termasuk dalam hal pengepakan barang, sampai dengan layanan selesai dan pelanggan meninggalkan toko. Terdapat dua usulan perbaikan, yaitu jangka pendek dan jangka menengah. Usulan perbaikan jangka pendek difokuskan pada pelayanan terhadap pelanggan (tidak termasuk pengepakan), yaitu dengan menyediakan form pendaftaran dan juga menyiapkan uang pengembalian yang dapat mempersingkat proses layanan. Sedangkan usulan perbaikan jangka panjang adalah dengan memperkuat sistem layanan dengan adanya tambahan sistem informasi, standardisasi proses dan biaya, serta penambahan petugas yang khusus menangani pengepakan. Berdasarkan hasil simulasi, diperoleh bahwa usulan jangka pendek dan menengah dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan dan utilitas, serta meningkatkan jumlah barang yang dikemas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectKepuasan Pelanggan Counteren_US
dc.subjectSimulasien_US
dc.subjectSistem Antrianen_US
dc.subjectUtilitasen_US
dc.subjectWaktu Tungguen_US
dc.titleStudi Simulasi Sistem Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Ekspedisien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.nidnNIDN0305128109-
Appears in Collections:2. Penelitian Mandiri (S1IF)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Studi Simulasi Sistem Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Ekspedisi .pdfFILE DIGITAL1.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.