Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2348
Title: PENGARUH REDUKSI PENAMPANG TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO BAJA KARBON RENDAH YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT NIPPLE JARI-JARI MOTOR DAN SEPEDA
Authors: Kermite, A.
Suastiyanti, Dwita
Wahyudin, Hery
Issue Date: 1997
Publisher: Institut Teknologi Indonesia
Abstract: Penelitian dilakukan terhadap baja karbon rendah (low carbon steel) berupa wire rod (W/R) yang digunakan membuat nipple jari-jari sepeda motor dan sepeda. Bahan awal (W/R) yang digunakan adalah : (W/R) diameter 7.50 mm utnuk nipple jari-jari sepeda motor dan (W/R) diameter 5.50 mm untuk nipple jari-jari sepeda. Bahan awal tersebut mengalami proses wire drawing (penarikan kawat) dengan persen reduksi penampang yang berbeda, yaitu : - (WIR) do 7.50 mm b, 6.45 mm dengan reduksi(R)= 14% - (WIR) do 7.50 mm » b, 5.80 mm dengan reduksi(R)= 22.7 % - (WIR) do 5.50 mm-> d, 4.50 mm dengan reduksi(R) = 18% - (WIR) b 5.50 mm d, 3.85 mm dengan reduksi(R)= 30% r Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa semakin besar persen reduksi penampang, kekuatan tarik dan kekuatan luluh dan nilai kekerasan semakin meningkat akan tetapi regangan semakin menurun. Nilai kekuatan tarik terbesar o, = 976,47 N/mm, kekuatan luluh o = 856,68 N/mm, kekerasan HV= 1958,91 N/mm, dengan nilai persen reduksi penampang sebesar R = 30%. Hal ini dikarenakan adanya pengerasan regangan (strain Hardening) pada saat proses wire drawing. Struktur mikro yang terdapat pada material yang sebelum dan sesudah mendapat proses penarikan memiliki struktur ferrit.
Description: Dosen pembimbing I : A. Kermite : Dosen pembimbing II : Dwita Suastiyanti
URI: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2348
Appears in Collections:[TA] Teknik Mesin

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MS 1997 55.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT26.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.