Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2318
Title: Optical Character Recognition Menggunakan Template Matching
Authors: Mantofani, Pascal Repsi
Sulistyowati, Sulistyowati
Keywords: Optical character recognition (OCR)
Pengolahan citra
Template matching
Issue Date: 14-Sep-2022
Publisher: Institut Teknologi Indonesia
Abstract: Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat. Sejalan dengan perkembangan teknologi, masyarakat lebih menyukai sesuatu yang cepat, mudah, dan praktis salah satunya dalam hal pemindaian dokumen. Optical character recognition (OCR) merupakan suatu proses untuk mengidentifikasi mengenali suatu karakter yang terdapat pada sebuah gambar dan mengubahnya menjadi karakter yang dapat dikenali oleh komputer. Pada penelitian ini digunakan metode template matching sebagai metode dalam proses pengenalan karakter. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui agar dapat dilakukan pengenalan seperti proses grayscaling, noise reduction, binerisasi, segmentasi baris, segmentasi kata, segmentasi karakter dan proses akhir adalah proses pengenalan karakter menggunakan metode template matching. Dari pengujian terhadap kertas putih dengan kondisi rapi didapatkan tingkat akurasi tertinggi mencapai 94,88% pada calibri dan 89,67% pada times new roman.
Description: Dosen Pembimbing : Sulistyowati
URI: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2318
Appears in Collections:[TA] Informatika

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
COVER.pdfCover19.61 kBAdobe PDFView/Open
Abstrak.pdfAbstrak8.67 kBAdobe PDFView/Open
BAB 1.pdfBab I34.25 kBAdobe PDFView/Open
BAB 2.pdf
  Restricted Access
Bab II344.76 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 3.pdf
  Restricted Access
Bab III926.13 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 4.pdf
  Restricted Access
Bab IV1.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB 5.pdfBab V7.5 kBAdobe PDFView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdfDaftar Pustaka11.47 kBAdobe PDFView/Open
1151600074_Pascal Repsi Mantofani.pdf
  Restricted Access
FULL TEKS5.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.