Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1410
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Handayani, Sri | - |
dc.date.accessioned | 2023-01-11T08:47:25Z | - |
dc.date.available | 2023-01-11T08:47:25Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1410 | - |
dc.description.abstract | Institut Teknologi Indonesia merupakan PTS yang berkomitmen menghasilkan lulusan yang berpotensi sebagai field engineering yang tanggung dan mempunyai integritas tinggi serta berjiwa entrepreneurship sesuai dengan visi ITI yaitu The Technology Based Entrepreneur University. Untuk menjalankan visi tersebut ITI didukung dengan adanya unit kerja Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (PI2B) yang mendorong mahasiswa untuk melahirkan perusahaan baru berbasis teknologi atau star up. Keunika lain dari ITI adalah suasana kehidupan kampus yang merepresentasikan kehidupan sebagai insinyur lapangan dan lokasinya yang dekat dengan kawasan Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sehingga banyak didukung oleh penelitidan perekayasa dari Puspiptek sebagai tenaga pengajar NIDK. Disamping itu telah terjalin Kerjasama dengan lembaga-lembaga peneliti di Kawasan Puspiptek antara lain BPPT, LIPI, BATAN dan dukungan dari Kementrian Riset dan Teknologi/BRIN untuk melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berbasis riset dan inovasi. Institut Teknologi Indonesia memiliki 11 prodi (10 Prodi S1 dan Prodi D3), yaitu Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, Teknologi Industri Pertanian, Manajemen dan D3 Mesin Otomotif. Pada pengklasterisasi perguruan tinggi tahun 2020, ITI berada pada urutan ke 10 dari 97 perguruan tinggi dalam klaster 3 atau berada pada urutan 59 secara nasional dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia. Prestasi ini akan dapat ditingkatkan secara lebih cepat sehingga pencapaian visi ITI dan 8 IKU juga dapat dipercepat dengan dukungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Oleh karena itu ITI ikut berpartisipasi dalam kompetisi pendanaan melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Pada tahun ini (2022) prodi Teknik Kimia mendapat kesempatan melanjutkan implementasi PKKM ditahun kedua dengan total dana Rp. 800.000.000,-. Jumlah mahasiswa ITI pada semester genap 2020/2021 adalah 2234 mahasiswa, maka ITI masuk kedalam Liga 3. KaProdi dan dosen-dosen Teknik Kimia menyusun proposal dan melaksanakan kegiatan jika proposal ini disetujui untuk mendapatkan pendanaan. Aktivitas yang dirancang ditahun kedua ini adalah peningkatan yang sangat signifikan dalam pencapaian IKU 1 sampai dengan IKU 7 melalui tiga kegiatan aktivitas yaitu 1. Peningkatan kompetensia lulusan teknik kimia melalui layanan program merdeka belajar kampus merdeka; 2. Peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi; 3. Peningkatan kualitas kurikulum dan pembelajaran melalui kerjasama mitra. Total dana yang diperoleh dari Kemendikbuddikti untuk prodi Teknik Kimia sebesar Rp.800.000.000,-. Dana pendamping yang disediakan oleh ITI adalah Rp. 40.000.000,- untuk pembiayaan manajemen internal ITI. Melalui partisipasinya dalam Program PK-KM, ITI berkomitmen untuk mendorong peningkatan tata Kelola, SDM dan pengembangan inovasi di bidang pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu kinerja ITI dan relevansi lulusannya | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Institut Teknologi Indonesia | en_US |
dc.title | RENCANA IMPLEMENTASI TAHUN KEDUA PROGRAM KOMPETISI-KAMPUS MERDEKA (PK-KM) LIGA 3 TAHUN ANGGARAN 2022 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | Document |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PROPOSAL_PKKM-ON GOING_032006.PDF | Digital File | 7.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.