Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1384
Title: | BANTUAN PEMERINTAH PENYELENGGARAAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU TIPE A TAHUN 2022 |
Authors: | Suastiyanti, Dwita |
Issue Date: | Dec-2022 |
Publisher: | Institut Teknologi Indonesia |
Abstract: | Dalam rangka peningkatan keterjangkauan dan keterjaminan akses menempuh pendidikan tinggi sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 dan UU Nomor 12 Tahun 2012, maka Institut Teknologi Indonesia (ITI) mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi melalui rekognisi dari pendidikan formal, nonformal, informal dan/atau pengalaman kerja melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan kesempatan penyetaraan terhadap kualifikasi tertentu. Selama ini ITI sudah menyelenggarakan Program Pembelajaran Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari pendidikan formal saja (transfer SKS) yaitu rekognisi dari pendidikan D1, D2 atau D3, namun belum melaksanakan rekognisi dari pendidikan informal, nonformal dan/atau pengalaman kerja. Dengan dukungan beberapa kebijakan dari Rektor ITI yang sudah dihasilkan melalui banpem ini berupa Keputusan Rektor terkait penyelenggaraan Pembelajaran Jalur RPL, penetapan terbentuknya Tim RPL – ITI, penetapan SOP penyelenggaraan RPL , penetapan panduan penyelenggaraan RPL, penetapan pedoman akademik, penetapan tim asesor RPL, dan penetapan dokumen asesmen, maka ITI khususnya Program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Arsitektur siap untuk menyelenggarakan Proses Pembelajaran Jalur RPL melalui rekognisi tidak hanya dari pendidikan formal (yang selama ini sudah dilakukan) tetapi juga dari pendidikan informal, nonformal dan/atau pengalaman kerja yang seluruhnya akan diterapkan secara murni pada Semester Genap 2022/2023. Akan tetapi pada Semeser Ganjil 2022/2023 sudah ada keputusan hasil asesmen berupa SK Rektor untuk 47 mahasiswa (menggunakan instrumen sebelum pemutakhiran). HasiTujuan dari program ini adalah memberikan pembekalan kepada para asesor dan tim pengelola RPL agar dapat melaksanakan program RPL melalui pengakuan tidak hanya dari pendidikan formal saja (transfer SKS) tetapi juga melalui pendidikan nonformal, informal dan/atau pengalaman (perolehan SKS). Target dari calon mahasiswa jalur RPL dari 4 prodi adalah 60 orang dimana masing-masing mempunyai target 15 orang yang akan diterapkan pada Semester Genap 2022/2023. Penerapan ini menggunakan instrumen yang sudah diperbaharui dan publikasi dilakukan menggunakan perangkat teknologi seperti sistem informasi yang handal dan video publikasi untuk menjelaskan dengan detail bagaimana pemohon melakukan pendaftaran, mengisi form-form untuk asesmen mandiri sampai dengan diperolehnya SK Rektor tentang Pengakuan Hasil Asesmen. Pencapaian pada Semester Ganjil 2022/2023 adalah sudah terdaftarnya 47 mahasiswa jalur RPL yang berasal dari berbagai program studi (menggunakan instrumen sebelum pemutakhiran) dan sudah disahkan dengan SK Rektor. Dengan adanya bantuan pemerintah ini diharapkan target pada Semester Genap 2022/2023 tercapai. Pemilihan keempat program studi tersebut adalah berdasarkan kecukupan dosen, pengalaman melaksanakan RPL pengalaman menggunakan perangkat asesmen berbasis pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) serta akreditasi B atau Baik Sekali yang dimiliki oleh keempat program studi tersebut. Di samping itu seluruh asesor dari keempat prodi tersebut merupakan dosen-dosen senior yang sangat memahami bidang ilmu dan pemenuhan capaian pembelajaran prodi masing-masing. Masing-masing program studi memiliki lebih dari 2 asesor yang disahkan dengan SK Rektor. Dengan kualitas dan kuantitas asesor yang memadai ini diharapkan proses asesmen dapat berlangsung cepat, maksimal 10 hari sejak pengajuan dokumen. Sebelum adanya Banpem ini kendala-kendala yang dihadapi keempat program studi tersebut adalah proses asesmen oleh para asesor masih membutuhkan waktu yang lama (2-3 bulan), belum ada pemahaman yang benar, seragam dan detail terkait pengisian form-form asesmen, form-form atau perangkat asesmennya masih kompleks dan banyak. Hal ini yang menyebabkan rendahnya jumlah mahasiswa yang belajar melalui Jalur RPL di Institut Teknologi Indonesia. Dengan bantuan dana dari pemerintah diharapkan kendala-kendala tersebut dapat diatasi melalui kegiatan-kegiatan seperti pemutakhiran dan penyederhanaan form-form asesmen, pendampingan atau bimbingan teknis bagi para asesor, penyusunan pertanyaan asesmen untuk pendalaman validasi asesmen oleh asesor, pengembangan sistem informasi yang handal dan kegiatan publikasi yang didukung dengan adanya web rpl.iti.ac.id,video dan flyer promosi untuk mempublikasikan Program Pendidikan Akademik Jalur RPL di Institut Teknologi Indonesia ke mitra-mitra industri, institusi pemerintah, swasta dll. Beberapa publikasi sudah dilakukan baik secara online maupun offline. Publikasi secara online (melalui zoom meeting) dilakukan dengan tujuan agar informasi dapat disampaikan secara masif kepada seluruh staf di industri atau mitra. Sedangkan publikasi secara offline melalui kunjungan ke industri/mitra dilakukan pada saat penjajakan melakukan kerja sama dengan mitra untuk rekrutmen calon mahasiswa. Sudah dilakukan publikasi secara online dengan Perhimpunan Periset Indonesia yang berpotensi menyalurkan 100 anggotanya yang masih berpendidikan SMA/SMK, D1 s/d D3 dengan tambahan pendidikan nonformal dan/atau pengalaman kerja. Publikasi dengan PT. Komatsu Indonesia sudah dilakukan pula dan berpotensi menyalurkan 100 stafnya menjadi mahasiswa Jalur RPL Pendidikan Akademik di Institut Teknologi Indonesia. Sampai dengan Januari 2023 masih akan terus dilakukan publikasi secara masif kepada industri-industri yang ada disekitar Jabodetabek, sehingga diharapkan target jumlah peserta RPL semester Genap 2022/2023 dapat terlampaui. |
Description: | LAPORAN AKHIR BANTUAN PEMERINTAH PENYELENGGARAAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU TIPE A TAHUN 2022 |
URI: | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1384 |
Appears in Collections: | Institution Report |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Laporan Akhir RPL_edit lembar pengesahan.pdf | Digital File | 3.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.