Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1239
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDarti Nurani-
dc.contributor.authorAini, Mifta Nur-
dc.date.accessioned2022-08-08T03:47:43Z-
dc.date.available2022-08-08T03:47:43Z-
dc.date.issued2022-02-24-
dc.identifier.urihttp://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1239-
dc.descriptionDosen Pembimbing: Darti Nuranien_US
dc.description.abstractBanyaknya brand kedai kopi yang bermunculan dan hampir semua menjual minuman Kopi Susu Gula Aren, maka Hey Kafe perlu melakukan evaluasi profil minuman Kopi Susu Gula Aren yang ideal menurut konsumen untuk pengembangan produknya. Penggunaan panelis konsumen dapat menjadi alternatif dalam pengujian deskriptif dan afektif produk tanpa melibatkan panelis terlatih. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil sensori dan emosi minuman Kopi Susu Gula Aren serta mendapatkan rating dan ranking/urutan minuman Kopi Susu Gula Aren terbaik menurut panelis konsumen dari beberapa kedai kopi dengan metode uji deskriptif dan uji afektif. Penelitian dilakukan melalui tahapan persiapan panelis, Focus Group Discussion (FGD), pengujian sensori dan emosi terhadap lima minuman Kopi Susu Gula Aren dari lima brand kedai kopi yaitu Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Hey Kafe, Tuku dan Feeling Brew. Pengujian hedonik rating test dan hedonik ranking test dilakukan sebagai pembanding dari hasil Correspondence Analysiss dari minuman Kopi Susu Gula Aren. Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS. Minuman Kopi Susu Gula Aren dari kedai kopi Tuku adalah minuman yang paling mendekati minuman Kopi Susu Gula Aren ideal menurut panelis konsumen. Profil sensori dari kopi Tuku berdasarkan Correspondence Analysis adalah rasa asam, aroma smoky, aftertaste asam dan aftertaste pahit. Sedangkan profil sensori minuman Kopi Susu Gula Aren ideal adalah rasa milky dan mouthfeel creamy. Hasil hedonik rating test menunjukkan Tuku adalah Kopi Susu Gula Aren yang paling disukai oleh panelis dengan nilai kesukaan 7.033(suka-sangat suka). Hasil hedonik ranking test menunjukkan Tuku adalah Kopi Susu Gula Aren yang menduduki peringkat pertama pilihan panelis konsumen dengan nilai kesukaan 0.215 (biasa-agak suka).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Teknologi Indonesiaen_US
dc.subjectKopi Susu Gula Arenen_US
dc.subjectProfil Sensori dan Emosien_US
dc.subjectCorrespondence Analysisen_US
dc.subjectHedonik Rating Testen_US
dc.subjectHedonik Ranking Testen_US
dc.titleEVALUASI PROFIL SENSORI DAN EMOSI MINUMAN KOPI SUSU GULA AREN DENGAN METODE UJI DESKRIPTIF DAN UJI AFEKTIFen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0321076102-
dc.identifier.nimNIM1321620010-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI41211#Teknologi Industri Pertanian-
Appears in Collections:[TA] Teknologi Industri Pertanian

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1 COVER.pdfJUDUL18.62 kBAdobe PDFView/Open
2 ABSTRAK.pdfABSTRAK232.6 kBAdobe PDFView/Open
3 BAB 1.pdfBAB 1253.17 kBAdobe PDFView/Open
4 BAB 2.pdf
  Restricted Access
BAB II586.75 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
5 BAB III.pdf
  Restricted Access
BAB III250.93 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
7 BAB V.pdf
  Restricted Access
BAB V522.1 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
8 BAB VI.pdf
  Restricted Access
BAB VI226.45 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
9 DAFTAR PUSTAKA.pdfDAFTAR PUSTAKA315.82 kBAdobe PDFView/Open
Makalah Skripsi_Mifta Nur Aini_1321620010_SIAP PRINT.pdf
  Restricted Access
FULL TEXT1.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.