Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1113
Title: E-Portofolio Teknologi Bangunan: Struktur dan Konstruksi Periode Semester Genap 2020
Authors: Ridzqo, Intan Findanavy
Issue Date: Jan-2021
Publisher: Institut Teknologi Indonesia
Abstract: Maret 2020 merupakan fajar untuk memulai kembali kegiatan belajar -mengajar setelah hampir dua bulan istirahat dari rutinitas ini. Tiada banyak yang berbeda, kegiatan belajar masih sama seperti semester -semester sebelumnya. Sedikit perubahan di kampus kami, Institut Teknologi Indonesia, Serpong , hanyalah berupa adanya kewajiban untuk menggunakan media daring secara berselang -seling, blended learning. Hal ini menjadi sedikit tantangan: sedikit karena fitur dalam platform yang kami gunakan relatif mudah, intuitive; dan sedikit karena masih sangat terbantukan dengan kuliah metode tatap muka. Situasi umum masyarakat pun masih berjalan seperti biasa. Kejadian di belahan bumi yang lain berupa outbreak virus Corona juga belum menimbulkan kekhawatiran berarti di dalam negeri. Pertengahan Maret 2020, haluan cerita berubah. Kasus COVID -19 ditemukan di Indonesia. Kemudian , disusul peningkatan status penyakit ini menjadi pandemic oleh WHO. Tindakan berskala nasional hingga unit bangunan pun dilakukan di berbagai sudut. Kampus ITI pun tak luput mengalami penutupan secara sementara. Kegiatan belajar -mengajar kemudian dipindahkan ke ruang maya. Pada pertemuan ketiga inilah kami harus mengalami syok yang cukup berat karena kami harus belajar dan mengajar melalui saluran digital yang sama sekali belum pernah dilakukan. Namun demikian, kami masih tetap bersyukur karena setidaknya sempat mengalami perkuliahan tatap muka dua kali sebelum akhirnya kami semua hanya bisa berjumpa secara daring. Pertemuan demi pertemuan harus disiapkan dan disampaikan secara virtual. Culture shock terjadi atas beberapa hal, di antaranya pengelolaan waktu, distraksi kegiatan rumah dan penjagaan ikatan (engagement) dengan proses pembelajaran. Inovasi -inovasi kecil dalam pembelajaran pun terus kami lakukan untuk mengatasi hal -hal tersebut dengan tetap mengindahkan kualitas substansi materi pembahasan. Waktu berlalu dan pandemi berkembang semakin parah. Aktivitas berkumpul semakin harus dikurangi untuk menghindari kontak dengan orang lain. Sementara itu, pada pertengahan Mei , kegiatan Ujian Tengah Semester dilaksanakan, akhir perkuliahan semakin dekat, yang berarti tugas besar pun harus segera dirilis. Masa ini belum menyadarkan sepenuhnya bahwa manuver baru terkait strategi pembelajaran harus dilakukan —karena kemungkinan sekolah -sekolah sudah 6 dapat dibuka kembali awal Juni, yang berarti masih ada waktu untuk menggunakan metode lama dalam pengerjaan tugas besar. Namun, kurva penderita COVID19 secara nasional masih belum menunjukkan angka penurunan yang aman. Bagaimanapun, waktu tetap terus berjalan sehingga keputusan untuk melakukan perubahan terhadap metode pengerjaan tugas besar sangat mendesak harus kami lakukan sesegera mungkin, saat itu awal Juni. Bentuk evaluasi diubah dari pengerjaan tugas secara manual dengan membuat maket menjadi produk digital. Dengan masa pandemi dan bekerja dari rumah diharapkan dapat memberikan waktu yang lebih longgar kepada para pembelajar untuk memperluas wawasan dan pengetahuan secara daring dan cepat. Dinamika ini menciptakan suasana inovatif untuk keluar dari cangkang zona nyaman dengan melihat ruang luar yang lebih menantang. Ini adalah momen yang berharga untuk berani bereksplorasi terhadap kemungkinan-kemungkinan baru bagi para pembelajar dalam mengonstruksi pengetahuan. Laporan ini dibuat sebagai kompilasi sekaligus milestone dan reflective book perjalanan bagi para pembelajar yang terlibat di dalamnya, terutama sebagai upaya memenangkan kegiatan pembelajaran di tengah situasi yang kurang menguntungkan. Congratulation! Substansi di dalam buku ini tidak lepas dari ketidaksempurnaan. Berbagai penyesuaian dan perbaikan perlu diperbaiki di masa depan. Buku ini diharapkan dapat menjadi portofolio digital (eportfolio) bagi pembelajar yang terus tersedia, inspirasi bagi khalayak ramai dan bergulir menjadi salah satu sumber pengetahuan bagi pembelajar selanjutnya. Penerbitan dalam ruang publik diharapkan dapat menciptakan ulasan dan diskusi yang berkelanjutan sehingga dapat membangun upaya pembelajaran yang lebih baik lagi di masa depan walaupun tentunya kita tidak akan banyak kembali lagi kepada cara lama.
Description: LAPORAN PENELITIAN DOSEN (MANDIRI)
URI: http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1113
Appears in Collections:2. Penelitian Mandiri (S1AR)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
13. E-Portofolio Teknologi Bangunan Struktur dan Konstruksi Periode Semester Genap 2020.pdf
  Restricted Access
FILE11.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
E-Portofolio Teknologi Bangunan Struktur dan Konstruksi Periode.pdf
  Restricted Access
TANDA TERIMA1.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.